Begini Cara Jago Jualan yang Teman-Teman Hendaknya Pahami!

Sekarang kami akan jelaskan tentang Begini Cara Jago Jualan yang Teman-Teman Hendaknya Pahami!. Reseller adalah pihak yang membeli produk dari produsen / suplier dan menjual kembali produk tersebut. Kalau Anda ingin berbisnis tanpa modal besar, tanpa pusing mikir produk dan mau mempunyai income tambahan maka reseller adalah jawabannya.

Begini Cara Jago Jualan yang Teman-Teman Hendaknya Pahami!

Begini Cara Jago Jualan yang Teman-Teman Hendaknya Pahami!

Tapi untuk menjadi seorang reseller yang sukses dan berhasil closing banyak Anda perlu mengerti ilmunya. Pahami ke lima kunci ini agar Anda sebagai reseller bakal bisa memperoleh income yang maksimal. Perlu diingat kunci ini pun bisa dipakai oleh para penjual, pedagang, entrepreneur, pebisnis dan lain-lain. Nah, mari langsung kita bahas satu-per-satu Kunci Reseller Jago Jualan.

1. Wajib Kuasai Produk yang Dijual

Poin pertama ini sangat penting untuk seorang reseller. Orang yang menguasai produk bakal lebih cepat dan lebih banyak closing dibanding dengan yang kagak paham produk yang dijual. Penguasaan ini melingkupi kelebihan dan keuntungan dari produk yang Anda jual.

Bakal lebih bagus lagi apabila Anda sudah mencoba produknya lebih dahulu. Sehingga dapat menceritakan pengalaman Anda ke calon prospek. Mengapa ini penting? Karena Anda akan menjumpai tipe-tipe pembeli yang bakal bertanya “Anda sudah pakai produknya?”.

Begini Cara Jago Jualan yang Teman-Teman Hendaknya Pahami!

Saat ditanya seperti ini, pasti kita ga berkutik bila belum pernah memakai produknya. Oleh karena itu langkah paling awal ialah Anda mesti memakai produknya terlebih dahulu sebelum merekomendasikan ke orang lain.

Sederhananya begini, waktu udah mengerti produknya atau udah mencoba sendiri, Anda dapat mendeskripsikan produk ke calon prospek jauh lebih cepat dan terkesan ahli. Dari sini si calon pembeli jauh lebih percaya. Di samping itu, reseller yang mengerti produk, maka jualannya lebih PEDE dibanding yang kagak menguasai atau bahkan gak mencoba produknya sendiri.

2. Harus Tentukan Target Jualan Setiap Bulan

Topik ini menjadi penting agar penjualan yang Anda kerjakan bisa berjalan terus-menerus. Kalau kagak mempunyai target yang jelas, pasti jualan ga bakal niat, kurang semangat dan tak ada hal yang bisa diukur. Kagak akan ada pencapaian kalau kagak ada target. Lalu gimana caranya membikin target jualan?

Begini Cara Jago Jualan yang Teman-Teman Hendaknya Pahami!

Sederhana, Anda harus membikin target jualan harian, mingguan dan bulanan. Target yang sudah dibuat ini patut Anda jaga dan dibalut dengan komitmen yang perlu dijalani. Selain itu, target ini mesti ditulis di tempat yang mudah terlihat contohnya di whiteboard, dinding, buku, dll. Tujuannya supaya kita teringat dengan target yang baru kita capai. Agar lebih bersemangat lagi, buatlah apresiasi buat diri Anda sendiri. Semacam hadiah bila target yang Anda bikin telah tercapai.

3. Pelajari Media Sosial untuk Jualan

Poin berikutnya adalah berhubungan dengan pentingnya memakai jejaring sosial buat berjualan. Era internet terutama boomingnya jejaring sosial menjadi kunci sukses banyak reseller ketika berjualan. Kenapa bisa begitu?

Sebab sosmed yakni tools yang memudahkan reseller atau penjual menemukan banyak orang buat mengenalkan produk yang dijual. Kelebihan dari media sosial ini ialah Anda ga mesti mengeluarkan uang banyak buat bisa berjualan. Bahkan cuma modal pulsa internet kita dapat langsung jualan. Karena jejaring sosial adalah media yang amat ampuh apabila kita mengetahui cara kerjanya.

Begini Cara Jago Jualan yang Teman-Teman Hendaknya Pahami!

Pemahaman penting dalam sosmed ialah berkaitan dengan membangun kolam. Kolam ini adalah sekumpulan fans atau follower Anda. Fans atau follower ini pada dasarnya yakni calon pembeli Anda. Agar calon pembeli semakin banyak maka yang perlu Anda lakukan yaitu memperbesar kolamnya. Mengapa ini penting?

Begini simpelnya, lebih gampang mancing ikan di laut atau di kolam sendiri? Pasti lebih gampang mancing ikan di kolam sendiri? Mengapa? Karena ikannya udah berkumpul dan tinggal kita panen. Beberapa media atau messaging service yang dapat dipakai buat memperbesar kolam seperti Facebook, Instagram, BBM, WA, Telegram dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bagaimana agar ikan (follower) kian banyak dan kolam kian besar? Kunci suksesnya ialah kita kudu sharing sesuatu yang disukai ikan terlebih dahulu. Sehingga ikan-ikan datang berkumpul. Contoh, jika jualan baju anak, kita kudu rutin sharing tentang tips merawat anak atau tips parenting dls. Jadi ikan (calon pembeli) bakal join ke kolam kita.

Begini Cara Jago Jualan yang Teman-Teman Hendaknya Pahami!

4. Gunakan Copywriting untuk Jualan

Copywriting yakni segala bentuk tulisan di media apapun yang bertujuan buat mempromosikan produk Anda supaya omzet melesat. Berikut beberapa tujuan copywriting?

  • Bikin penawaran lebih menarik
  • Meyakinkan calon pembeli
  • Mengubah calon pembeli jadi pembeli
  • Meningkatkan omzet
  • dst

Anda bisa buat Copywriting untuk:

  • Status BBM,
  • Status WhatsApp,
  • Avatar,
  • BC Copy,
  • Email,
  • Social Media all channel,
  • Poster Iklan,
  • Beragam media offline
  • dan banyak lagi.

Begini Cara Jago Jualan yang Teman-Teman Hendaknya Pahami!

Penting diingat dan dimengerti bahwa 3 detik pertama amat menentukan. Artinya kita perlu buat judul promo semenarik mungkin malahan membuat penasaran. Beberapa eksekusi copywriting nantinya ada di headline / judul promo, storytelling, body copy, call to action, gimmick, benefit dsb.

Perbedaan judul / headline dengan copywriting dan tanpa copywriting, seperti ini:

Tanpa copywriting:

  • Joinlah di Peluang Bisnis Laundry
  • Ikuti training teknik berjualan

Dengan copywriting:

  • Terungkap Rahasia Income Milyaran dari Bisnis Laundry
  • Ikuti Training Bongkar Cara Praktis Jualan Laris

Begini Cara Jago Jualan yang Teman-Teman Hendaknya Pahami!

5. Kuasai Teknik Closing

Apa itu teknik closing? Teknik ini ialah cara meyakinkan calon pembeli. Teknik ini amat penting karena tanpa ini penjualan kita gak bakal besar. Teknik ini pun berperan mengubah calon pembeli menjadi pembeli. Goal dari teknik closing ini ialah supaya terjadinya transaksi (closing) dan menghasilkan cash.
Beberapa teknik yang dapat dilaksanakan buat teknik closing di antaranya seperti:

  • Memberikan bukti,
  • Gratis bonus,
  • Diskon,
  • Limited offer (penawaran terbatas),
  • Garansi (ada jaminan),
  • Voucher,
  • Memberikan testimoni,
  • Cross Selling / Up Selling,
  • Cash Back,
  • Fakta (meyakinkan) atau Trial (biar mencoba).

Teknik di atas bertujuan buat mengubah calon pembeli menjadi pembeli. Serta mendorong calon pembeli buat ga menunda pembelian yang ujung-ujungnya malah tak jadi beli.

Coba lihat salah satu teknik di atas, misalnya aja teknik limited offer atau penawaran terbatas. Teknik ini bisa diterapkan dengan cara memberikan informasi bahwa promo cuma dibatasi untuk 100 tercepat atau hanya selama seminggu. Nah, tujuan dari teknik ini yaitu buat mempercepat closing dari si calon pembeli sehingga calon pembeli enggak menunda pembeliannya.

Sekian informasi seputar Begini Cara Jago Jualan yang Teman-Teman Hendaknya Pahami!, semoga artikel kali ini berguna untuk Anda. Kami berharap artikel ini dishare agar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *