[pgp_title]

Cara Jago Jualan yang Teman-Teman Perlu Ketahui!

Di artikel ini kami akan jelaskan seputar Cara Jago Jualan yang Teman-Teman Perlu Ketahui!. Reseller yakni pihak yang membeli produk dari produsen / suplier dan menjual kembali produk tersebut. Jika Anda mau berbisnis tanpa modal besar, tanpa pusing mikir produk dan mau memiliki income tambahan maka reseller adalah jawabannya.

 Cara Jago Jualan yang Teman-Teman Perlu Ketahui!

Cara Jago Jualan yang Teman-Teman Perlu Ketahui!

Tapi buat menjadi reseller yang sukses dan berhasil closing banyak Anda wajib memiliki ilmunya. Pahami ke 5 kunci ini biar Anda sebagai seorang reseller akan bisa mendapat income yang maksimal. Perlu diingat kunci ini juga dapat digunakan oleh para penjual, pedagang, entrepreneur, pebisnis dsb. Nah, mari langsung kita bahas satu-per-satu Kunci Reseller Jago Jualan.

1. Harus Kuasai Produk yang Dijual

Poin pertama ini sangat penting untuk seorang reseller. Orang yang memiliki produk bakal lebih cepat dan lebih banyak closing dibanding dengan yang enggak mengerti produk yang dijual. Penguasaan ini melingkupi kelebihan dan keuntungan dari produk yang dijual.

Bakal lebih bagus lagi jika Anda udah mencoba produknya terlebih dulu. Sehingga dapat menceritakan pengalaman Anda ke calon prospek. Kenapa ini penting? Sebab Anda akan menemui tipe-tipe pembeli yang akan bertanya “Anda sudah menggunakan produknya?”.

Cara Jago Jualan yang Teman-Teman Perlu Ketahui!

Saat ditanya seperti ini, pasti kita enggak berkutik kalau belum pernah memakai produknya. Oleh sebab itu langkah paling awal yakni Anda mesti memakai produknya lebih dahulu sebelum menyarankan ke orang lain.

Simpelnya begini, saat udah menguasai produknya atau telah mencoba sendiri, Anda bisa menjelaskan produk ke calon prospek jauh lebih cepat dan terkesan ahli. Dari sini si calon pembeli jauh lebih percaya. Selain itu, seorang reseller yang paham produk, maka jualannya lebih PEDE dibanding yang tak mengerti atau bahkan kagak mencoba produknya sendiri.

2. Wajib Tentukan Target Jualan Setiap Bulan

Topik ini menjadi penting biar penjualan yang Anda jalankan dapat berjalan terus-menerus. Jika ga memiliki target yang jelas, pasti jualan kagak akan niat, kurang semangat dan gak ada hal yang dapat diukur. Tidak bakal ada pencapaian kalau tak ada target. Lalu bagaimana caranya membuat target jualan?

Cara Jago Jualan yang Teman-Teman Perlu Ketahui!

Sederhana, Anda mesti bikin target jualan harian, mingguan dan bulanan. Target yang udah dibuat ini wajib Anda jaga dan dibalut dengan komitmen yang perlu dijalani. Di samping itu, target ini perlu ditulis di tempat yang gampang terlihat misal di whiteboard, dinding, buku, dsb. Tujuannya biar kita teringat dengan target yang baru kita capai. Biar lebih bersemangat lagi, buatlah apresiasi buat diri Anda sendiri. Semacam hadiah bila target yang Anda bikin telah tercapai.

3. Pelajari Media Sosial buat Jualan

Poin selanjutnya yakni tentang pentingnya pakai sosmed untuk berjualan. Era internet terutama boomingnya medsos menjadi kunci sukses banyak reseller waktu berjualan. Kenapa bisa begitu?

Sebab sosmed yaitu tools yang mempermudah para reseller atau entrepreneur menemui banyak orang buat mengenalkan produk yang dijual. Keunggulan dari sosmed ini ialah Anda ga wajib mengeluarkan uang banyak untuk bisa berjualan. Bahkan cuma modal pulsa internet kita dapat langsung jualan. Sebab jejaring sosial merupakan media yang sangat ampuh bila kita mengenal cara kerjanya.

Cara Jago Jualan yang Teman-Teman Perlu Ketahui!

Pemahaman penting dalam sosial media yakni perihal membangun kolam. Kolam ini adalah sekumpulan fans atau follower Anda. Fans atau follower ini pada dasarnya adalah calon pembeli Anda. Supaya calon pembeli makin banyak maka yang wajib Anda jalankan ialah memperbesar kolamnya. Mengapa ini penting?

Begini sederhananya, lebih mudah mancing ikan di laut atau di kolam sendiri? Pasti lebih gampang mancing ikan di kolam sendiri? Kenapa? Karena ikannya telah berkumpul dan tinggal kita panen. Beberapa media atau messaging service yang bisa dipakai untuk memperbesar kolam seperti Facebook, Instagram, BBM, WA, Telegram dan lain sebagainya.

Gimana biar ikan (follower) kian banyak dan kolam kian besar? Kunci suksesnya ialah kita mesti sharing sesuatu yang disukai ikan terlebih dahulu. Sehingga ikan-ikan datang berkumpul. Misalnya, jika jualan baju anak, kita wajib rutin sharing berkaitan dengan tips merawat anak atau tips parenting dsb. Jadi ikan (calon pembeli) akan join ke kolam kita.

Cara Jago Jualan yang Teman-Teman Perlu Ketahui!

4. Gunakan Copywriting buat Jualan

Copywriting yakni segala bentuk tulisan di media apapun yang bertujuan untuk mempromosikan produk kita biar omzet melesat. Berikut beberapa tujuan copywriting?

  • Bikin penawaran lebih menarik
  • Meyakinkan calon pembeli
  • Mengubah calon pembeli jadi pembeli
  • Menaikkan omset
  • dll

Anda dapat buat Copywriting untuk:

  • Status BBM,
  • Status WhatsApp,
  • Avatar,
  • BC Copy,
  • Email,
  • Social Media all channel,
  • Poster Iklan,
  • Bermacam media offline
  • dan banyak yang lainnya.

Cara Jago Jualan yang Teman-Teman Perlu Ketahui!

Penting diingat dan dipahami bahwa tiga detik pertama sangat menentukan. Artinya kita mesti membikin judul promo semenarik mungkin malahan buat penasaran. Beberapa eksekusi copywriting nantinya ada di headline / judul promo, storytelling, body copy, call to action, gimmick, benefit dsb.

Perbedaan judul / headline dengan copywriting dan tanpa copywriting, seperti ini:

Tanpa copywriting:

  • Joinlah di Peluang Bisnis Laundry
  • Ikuti training teknik berjualan

Dengan copywriting:

  • Terungkap Rahasia Income Milyaran dari Bisnis Laundry
  • Ikuti Training Bongkar Cara Praktis Jualan Laris

Cara Jago Jualan yang Teman-Teman Perlu Ketahui!

5. Kuasai Teknik Closing

Apa itu teknik closing? Teknik ini adalah cara meyakinkan calon pembeli. Teknik ini amat penting sebab tanpa ini penjualan kita ga bakal besar. Teknik ini pun berperan mengubah calon pembeli menjadi pembeli. Goal dari teknik closing ini yakni agar timbulnya transaksi (closing) dan menghasilkan cash.
Beberapa teknik yang bisa dikerjakan buat teknik closing di antaranya seperti:

  • Memberikan bukti,
  • Gratis bonus,
  • Diskon,
  • Limited offer (penawaran terbatas),
  • Garansi (ada jaminan),
  • Voucher,
  • Memberikan testimoni,
  • Cross Selling / Up Selling,
  • Cash Back,
  • Fakta (meyakinkan) atau Trial (supaya mencoba).

Teknik di atas bertujuan untuk mengubah calon pembeli jadi pembeli. Serta mendorong calon pembeli buat tidak menunda pembelian yang ujung-ujungnya malah tak jadi beli.

Coba lihat salah satu teknik di atas, misalnya aja teknik limited offer atau penawaran terbatas. Teknik ini bisa diterapkan dengan cara memberikan informasi bahwa promo hanya dibatasi untuk 100 tercepat atau cuma selama seminggu. Nah, tujuan dari teknik ini adalah buat mempercepat closing dari si calon pembeli sehingga calon pembeli ga menunda pembeliannya.

Demikian informasi berkaitan dengan Cara Jago Jualan yang Teman-Teman Perlu Ketahui!, semoga post kali ini bermanfaat buat kawan-kawan semua. Tolong postingan ini dibagikan biar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *