[pgp_title]

Beberapa Panduan Sederhana para Pebisnis Jago Jualan

Pembahasan kita kali ini ialah Beberapa Panduan Sederhana para Pebisnis Jago Jualan. Reseller adalah pihak yang membeli produk dari produsen / suplier dan menjual kembali produk tersebut. Apabila Anda ingin berbisnis tanpa modal besar, tanpa pusing mikir produk dan mau mempunyai income tambahan maka reseller yaitu jawabannya.

Beberapa Panduan Sederhana  para Pebisnis Jago Jualan

Beberapa Panduan Sederhana para Pebisnis Jago Jualan

Akan tetapi buat jadi seorang reseller yang sukses dan berhasil closing banyak Anda harus memahami ilmunya. Pahami ke lima kunci ini supaya Anda sebagai seorang reseller akan bisa mendapat penghasilan yang maksimal. Perlu diingat kunci ini juga dapat dipakai oleh para penjual, pedagang, entrepreneur, pebisnis dan lain-lain. Nah, mari langsung kita bahas satu-per-satu Kunci Reseller Jago Jualan.

1. Wajib Kuasai Produk yang Dijual

Poin pertama ini amat penting buat para reseller. Orang yang menguasai produk akan lebih cepat dan lebih banyak closing dibanding dengan yang gak paham produk yang Anda jual. Penguasaan ini melingkupi kelebihan dan keuntungan dari produk yang dijual.

Bakal lebih bagus lagi bila Anda sudah mencoba produknya terlebih dulu. Sehingga bisa menceritakan pengalaman Anda ke calon prospek. Kenapa ini penting? Sebab Anda bakal menemui tipe-tipe pembeli yang akan bertanya “Anda udah menggunakan produknya?”.

Beberapa Panduan Sederhana para Pebisnis Jago Jualan

Ketika ditanya seperti ini, pasti kita enggak berkutik bila belum pernah menggunakan produknya. Oleh sebab itu langkah paling awal yakni Anda mesti menggunakan produknya lebih dulu sebelum menyarankan ke orang lain.

Simpelnya begini, ketika udah menguasai produknya atau sudah mencoba sendiri, Anda dapat menerangkan produk ke calon prospek jauh lebih cepat dan terkesan ahli. Dari sini si calon pembeli jauh lebih percaya. Di samping itu, seorang reseller yang mengerti produk, maka jualannya lebih PEDE dibanding yang ga menguasai atau bahkan tidak mencoba produknya sendiri.

2. Harus Tentukan Target Jualan Setiap Bulan

Topik ini jadi penting supaya penjualan yang Anda jalankan bisa berjalan terus-menerus. Apabila gak memiliki target yang jelas, pasti jualan ga bakal niat, kurang semangat dan ga ada hal yang dapat diukur. Gak akan ada pencapaian apabila gak ada target. Lalu bagaimana caranya bikin target jualan?

Beberapa Panduan Sederhana para Pebisnis Jago Jualan

Simpel, Anda wajib bikin target jualan harian, mingguan dan bulanan. Target yang telah dibuat ini kudu Anda jaga dan dibalut dengan komitmen yang kudu dijalani. Di samping itu, target ini harus ditulis di tempat yang gampang terlihat contoh di whiteboard, dinding, buku, dan lain sebagainya. Tujuannya agar kita teringat dengan target yang baru kita capai. Agar lebih bersemangat lagi, buatlah apresiasi buat diri Anda sendiri. Semacam hadiah bila target yang Anda bikin telah tercapai.

3. Pelajari Media Sosial buat Jualan

Poin berikutnya adalah mengenai pentingnya menggunakan sosial media untuk berjualan. Era internet terutama boomingnya sosial media jadi kunci sukses banyak reseller waktu berjualan. Kenapa bisa begitu?

Sebab medsos adalah tools yang meringankan reseller atau pebisnis menemukan banyak orang untuk mengenalkan produk yang dijual. Kelebihan dari jejaring sosial ini adalah Anda ga wajib mengeluarkan duit banyak buat bisa berjualan. Bahkan hanya modal pulsa internet kita bisa langsung jualan. Karena sosmed adalah media yang amat ampuh jika kita mengerti cara kerjanya.

Beberapa Panduan Sederhana para Pebisnis Jago Jualan

Pemahaman penting dalam sosmed yakni berkaitan dengan membangun kolam. Kolam ini adalah sekumpulan fans atau follower Anda. Fans atau follower ini pada dasarnya ialah calon pembeli Anda. Supaya calon pembeli semakin banyak maka yang harus Anda laksanakan ialah memperbesar kolamnya. Mengapa ini penting?

Begini simpelnya, lebih gampang mancing ikan di laut atau di kolam sendiri? Pasti lebih gampang mancing ikan di kolam sendiri? Mengapa? Sebab ikannya telah berkumpul dan tinggal kita panen. Beberapa media atau messaging service yang bisa dipakai buat memperbesar kolam seperti Facebook, Instagram, BBM, WA, Telegram dan lain-lain.

Bagaimana agar ikan (follower) kian banyak dan kolam kian besar? Kunci suksesnya adalah kita kudu sharing sesuatu yang disukai ikan terlebih dahulu. Sehingga ikan-ikan datang berkumpul. Contoh, kalau jualan baju anak, kita mesti rutin sharing mengenai tips merawat anak atau tips parenting dan lain-lain. Jadi ikan (calon pembeli) akan join ke kolam kita.

Beberapa Panduan Sederhana para Pebisnis Jago Jualan

4. Gunakan Copywriting untuk Jualan

Copywriting adalah segala bentuk tulisan di media apapun yang bertujuan buat mempromosikan produk Anda biar omzet melesat. Berikut beberapa tujuan copywriting?

  • Membuat penawaran lebih menarik
  • Meyakinkan calon pembeli
  • Mengubah calon pembeli jadi pembeli
  • Meningkatkan omset
  • dan lain-lain

Anda dapat membikin Copywriting untuk:

  • Status BBM,
  • Status WhatsApp,
  • Avatar,
  • BC Copy,
  • Email,
  • Social Media all channel,
  • Poster Iklan,
  • Bermacam media offline
  • dan lain-lain.

Beberapa Panduan Sederhana para Pebisnis Jago Jualan

Penting diingat dan dimengerti bahwa 3 detik pertama amat menentukan. Artinya kita kudu membuat judul promo semenarik mungkin malahan membuat penasaran. Beberapa eksekusi copywriting nantinya ada di headline / judul promo, storytelling, body copy, call to action, gimmick, benefit dll.

Perbedaan judul / headline dengan copywriting dan tanpa copywriting, seperti ini:

Tanpa copywriting:

  • Joinlah di Peluang Bisnis Laundry
  • Ikuti training teknik berjualan

Dengan copywriting:

  • Terungkap Rahasia Income Milyaran dari Bisnis Laundry
  • Ikuti Training Bongkar Cara Praktis Jualan Laris

Beberapa Panduan Sederhana para Pebisnis Jago Jualan

5. Kuasai Teknik Closing

Apa itu teknik closing? Teknik ini ialah cara meyakinkan calon pembeli. Teknik ini amat penting karena tanpa ini penjualan kita engga bakal besar. Teknik ini pun berperan mengubah calon pembeli menjadi pembeli. Goal dari teknik closing ini ialah supaya terjadinya transaksi (closing) dan menghasilkan cash.
Beberapa teknik yang bisa dikerjakan untuk teknik closing antara lain seperti:

  • Memberikan bukti,
  • Gratis bonus,
  • Diskon,
  • Limited offer (penawaran terbatas),
  • Garansi (ada jaminan),
  • Voucher,
  • Memberikan testimoni,
  • Cross Selling / Up Selling,
  • Cash Back,
  • Fakta (meyakinkan) atau Trial (agar mencoba).

Teknik di atas bertujuan buat mengubah calon pembeli menjadi pembeli. Serta mendorong calon pembeli untuk kagak menunda pembelian yang ujung-ujungnya malah tidak jadi beli.

Coba lihat salah satu teknik di atas, misalnya aja teknik limited offer atau penawaran terbatas. Teknik ini bisa diterapkan dengan cara memberikan info bahwa promo hanya dibatasi buat 100 tercepat atau hanya selama seminggu. Nah, tujuan dari teknik ini yaitu untuk mempercepat closing dari si calon pembeli sehingga calon pembeli gak menunda pembeliannya.

Demikian info perihal Beberapa Panduan Sederhana para Pebisnis Jago Jualan, semoga post kali ini mencerahkan Anda. Mohon postingan ini dibagikan supaya semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *