[pgp_title]

Bagaimana Sih Cara Gampang Ahli Jualan buat Entrepreneur?

Kali ini kami akan jelaskan tentang Bagaimana Sih Cara Gampang Ahli Jualan buat Entrepreneur?. Reseller merupakan pihak yang membeli produk dari produsen / suplier dan menjual kembali produk tersebut. Bila Anda mau berbisnis tanpa modal besar, tanpa pusing mikir produk dan ingin punya pendapatan tambahan maka reseller yaitu jawabannya.

Bagaimana Sih Cara Gampang Ahli Jualan buat Entrepreneur?

Bagaimana Sih Cara Gampang Ahli Jualan buat Entrepreneur?

Tapi untuk menjadi seorang reseller yang sukses dan berhasil closing banyak Anda perlu mengerti ilmunya. Pahami ke lima kunci ini agar Anda sebagai seorang reseller akan bisa mendapat penghasilan yang maksimal. Perlu diingat kunci ini pun bisa dipakai oleh para penjual, pedagang, entrepreneur, pebisnis dls. Nah, mari langsung kita bahas satu-per-satu Kunci Reseller Jago Jualan.

1. Harus Kuasai Produk yang Dijual

Poin pertama ini sangat penting untuk seorang reseller. Orang yang memahami produk bakal lebih cepat dan lebih banyak closing dibanding dengan yang ga mengerti produk yang Anda jual. Penguasaan ini melingkupi kelebihan dan keuntungan dari produk yang Anda jual.

Akan lebih bagus lagi kalau Anda sudah mencoba produknya lebih dahulu. Sehingga dapat menceritakan pengalaman Anda ke calon prospek. Mengapa ini penting? Sebab Anda akan menjumpai tipe-tipe pembeli yang akan bertanya “Anda telah memakai produknya?”.

Bagaimana Sih Cara Gampang Ahli Jualan buat Entrepreneur?

Ketika ditanya seperti ini, pasti kita tak berkutik apabila belum pernah pakai produknya. Oleh sebab itu langkah paling awal yakni Anda kudu pakai produknya lebih dahulu sebelum menganjurkan ke orang lain.

Simpelnya begini, waktu sudah mengerti produknya atau udah mencoba sendiri, Anda bisa menerangkan produk ke calon prospek jauh lebih cepat dan terkesan ahli. Dari sini si calon pembeli jauh lebih percaya. Selain itu, reseller yang paham produk, maka jualannya lebih PEDE dibanding yang kagak memahami atau bahkan gak mencoba produknya sendiri.

2. Wajib Tentukan Target Jualan Setiap Bulan

Topik ini jadi penting agar penjualan yang Anda kerjakan dapat berjalan terus-menerus. Apabila ga punya target yang jelas, pasti jualan tidak bakal niat, kurang semangat dan kagak ada hal yang dapat diukur. Engga akan ada pencapaian bila engga ada target. Lalu gimana caranya bikin target jualan?

Bagaimana Sih Cara Gampang Ahli Jualan buat Entrepreneur?

Simpel, Anda kudu buat target jualan harian, mingguan dan bulanan. Target yang sudah dibikin ini harus Anda jaga dan dibalut dengan komitmen yang patut dijalani. Di samping itu, target ini perlu ditulis di tempat yang mudah terlihat seperti di whiteboard, dinding, buku, dsb. Tujuannya supaya kita teringat dengan target yang baru kita capai. Supaya lebih bersemangat lagi, buatlah apresiasi buat diri Anda sendiri. Semacam hadiah apabila target yang Anda bikin udah tercapai.

3. Pelajari Media Sosial untuk Jualan

Poin selanjutnya adalah seputar pentingnya menggunakan sosmed untuk berjualan. Era internet terutama boomingnya media sosial jadi kunci sukses banyak reseller waktu berjualan. Mengapa bisa begitu?

Karena media sosial yaitu tools yang memudahkan para reseller atau pebisnis menemukan banyak orang buat mengenalkan produk yang dijual. Kelebihan dari sosial media ini yakni Anda tidak kudu mengeluarkan duit banyak buat bisa berjualan. Bahkan cuma modal pulsa internet kita bisa langsung jualan. Sebab medsos ialah media yang sangat ampuh bila kita mengerti cara kerjanya.

Bagaimana Sih Cara Gampang Ahli Jualan buat Entrepreneur?

Pemahaman penting dalam medsos ialah berkaitan dengan membangun kolam. Kolam ini yaitu sekumpulan fans atau follower Anda. Fans atau follower ini pada dasarnya yaitu calon pembeli Anda. Agar calon pembeli semakin banyak maka yang harus Anda kerjakan yaitu memperbesar kolamnya. Mengapa ini penting?

Begini simpelnya, lebih gampang mancing ikan di laut atau di kolam sendiri? Pasti lebih gampang mancing ikan di kolam sendiri? Mengapa? Karena ikannya udah berkumpul dan tinggal kita panen. Beberapa media atau messaging service yang dapat dipakai untuk memperbesar kolam seperti Facebook, Instagram, BBM, WA, Telegram dls.

Bagaimana agar ikan (follower) semakin banyak dan kolam makin besar? Kunci suksesnya yakni kita kudu sharing sesuatu yang disukai ikan terlebih dahulu. Sehingga ikan-ikan datang berkumpul. Misalnya, jika jualan baju anak, kita wajib rutin sharing perihal tips merawat anak atau tips parenting dsb. Jadi ikan (calon pembeli) akan join ke kolam kita.

Bagaimana Sih Cara Gampang Ahli Jualan buat Entrepreneur?

4. Pakai Copywriting buat Jualan

Copywriting yaitu segala bentuk tulisan di media apapun yang bertujuan untuk mempromosikan produk kita supaya omzet melesat. Berikut beberapa tujuan copywriting?

  • Membikin penawaran lebih menarik
  • Meyakinkan calon pembeli
  • Mengubah calon pembeli jadi pembeli
  • Menaikan omset
  • dan lain sebagainya

Anda dapat membuat Copywriting untuk:

  • Status BBM,
  • Status WhatsApp,
  • Avatar,
  • BC Copy,
  • Email,
  • Social Media all channel,
  • Poster Iklan,
  • Beraneka ragam media offline
  • dst.

Bagaimana Sih Cara Gampang Ahli Jualan buat Entrepreneur?

Penting diingat dan dimengerti bahwa tiga detik pertama amat menentukan. Artinya kita perlu membuat judul promo semenarik mungkin malahan buat penasaran. Beberapa eksekusi copywriting nantinya ada di headline / judul promo, storytelling, body copy, call to action, gimmick, benefit dst.

Perbedaan judul / headline dengan copywriting dan tanpa copywriting, seperti ini:

Tanpa copywriting:

  • Joinlah di Peluang Bisnis Laundry
  • Ikuti training teknik berjualan

Dengan copywriting:

  • Terungkap Rahasia Income Milyaran dari Bisnis Laundry
  • Ikuti Training Bongkar Cara Praktis Jualan Laris

Bagaimana Sih Cara Gampang Ahli Jualan buat Entrepreneur?

5. Kuasai Teknik Closing

Apa itu teknik closing? Teknik ini ialah cara meyakinkan calon pembeli. Teknik ini sangat penting karena tanpa ini penjualan kita engga akan besar. Teknik ini pun berperan mengubah calon pembeli menjadi pembeli. Goal dari teknik closing ini ialah biar timbulnya transaksi (closing) dan menghasilkan cash.
Beberapa teknik yang dapat dikerjakan untuk teknik closing di antaranya seperti:

  • Memberikan bukti,
  • Gratis bonus,
  • Diskon,
  • Limited offer (penawaran terbatas),
  • Garansi (ada jaminan),
  • Voucher,
  • Memberikan testimoni,
  • Cross Selling / Up Selling,
  • Cash Back,
  • Fakta (meyakinkan) atau Trial (agar mencoba).

Teknik di atas bertujuan untuk mengubah calon pembeli menjadi pembeli. Serta mendorong calon pembeli untuk gak menunda pembelian yang ujung-ujungnya malah kagak jadi beli.

Coba lihat salah satu teknik di atas, misalnya aja teknik limited offer atau penawaran terbatas. Teknik ini dapat diterapkan dengan cara memberikan info bahwa promo hanya dibatasi buat 100 tercepat atau cuma selama seminggu. Nah, tujuan dari teknik ini adalah buat mempercepat closing dari si calon pembeli sehingga calon pembeli kagak menunda pembeliannya.

Demikian informasi perihal Bagaimana Sih Cara Gampang Ahli Jualan buat Entrepreneur?, semoga postingan kali ini bermanfaat untuk sahabat semua. Tolong postingan ini disebarluaskan agar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *