[pgp_title]

Apa Aja Sih Taktik Ahli Jualan seorang Pebisnis?

Pada kesempatan ini kami akan jelaskan seputar Apa Aja Sih Taktik Ahli Jualan seorang Pebisnis?. Reseller yaitu pihak yang membeli produk dari produsen / suplier dan menjual kembali produk tersebut. Jika Anda mau berbisnis tanpa modal besar, tanpa pusing mikir produk dan ingin punya penghasilan tambahan maka reseller ialah jawabannya.

Apa Aja Sih Taktik Ahli Jualan seorang Pebisnis?

Apa Aja Sih Taktik Ahli Jualan seorang Pebisnis?

Akan tetapi untuk menjadi reseller yang sukses dan berhasil closing banyak Anda mesti menguasai ilmunya. Pahami ke 5 kunci ini supaya Anda sebagai seorang reseller akan bisa memperoleh penghasilan yang maksimal. Perlu diingat kunci ini pun bisa dipakai oleh para penjual, pedagang, entrepreneur, pebisnis dsb. Nah, mari langsung kita bahas satu-per-satu Kunci Reseller Jago Jualan.

1. Harus Kuasai Produk yang Dijual

Poin pertama ini amat penting untuk seorang reseller. Orang yang menguasai produk akan lebih cepat dan lebih banyak closing dibanding dengan yang tak mengerti produk yang dijual. Penguasaan ini meliputi kelebihan dan keuntungan dari produk yang Anda jual.

Bakal lebih bagus lagi bila Anda udah mencoba produknya terlebih dulu. Sehingga bisa menceritakan pengalaman Anda ke calon prospek. Kenapa ini penting? Sebab Anda akan menjumpai tipe-tipe pembeli yang bakal bertanya “Anda telah memakai produknya?”.

Apa Aja Sih Taktik Ahli Jualan seorang Pebisnis?

Ketika ditanya seperti ini, pasti kita enggak berkutik jika belum pernah memakai produknya. Oleh karena itu langkah paling awal ialah Anda mesti menggunakan produknya terlebih dahulu sebelum menyarankan ke orang lain.

Sederhananya begini, waktu udah menguasai produknya atau sudah mencoba sendiri, Anda bisa menerangkan produk ke calon prospek jauh lebih cepat dan terkesan ahli. Dari sini si calon pembeli jauh lebih percaya. Selain itu, reseller yang mengerti produk, maka jualannya lebih PEDE dibanding yang enggak mengerti atau bahkan enggak mencoba produknya sendiri.

2. Harus Tentukan Target Jualan Setiap Bulan

Topik ini jadi penting supaya penjualan yang Anda kerjakan bisa berjalan terus-menerus. Bila engga punya target yang jelas, pasti jualan engga akan niat, kurang semangat dan engga ada hal yang dapat diukur. Kagak akan ada pencapaian apabila gak ada target. Lalu gimana caranya buat target jualan?

Apa Aja Sih Taktik Ahli Jualan seorang Pebisnis?

Simpel, Anda kudu buat target jualan harian, mingguan dan bulanan. Target yang udah dibikin ini kudu Anda jaga dan dibalut dengan komitmen yang perlu dijalani. Di samping itu, target ini wajib ditulis di tempat yang mudah terlihat seperti di whiteboard, dinding, buku, dsb. Tujuannya supaya kita teringat dengan target yang baru kita capai. Supaya lebih bersemangat lagi, buatlah apresiasi untuk diri Anda sendiri. Semacam hadiah jika target yang Anda buat udah tercapai.

3. Pelajari Media Sosial untuk Jualan

Poin selanjutnya yaitu seputar pentingnya pakai medsos buat berjualan. Era internet terutama boomingnya media sosial menjadi kunci sukses banyak reseller ketika berjualan. Mengapa dapat begitu?

Sebab sosial media yaitu tools yang meringankan seorang reseller atau entrepreneur menjumpai banyak orang buat mengenalkan produk yang dijual. Keunggulan dari media sosial ini yakni Anda gak mesti mengeluarkan duit banyak untuk dapat berjualan. Bahkan cuma modal pulsa internet kita dapat langsung jualan. Karena sosial media yakni media yang sangat ampuh kalau kita mengetahui cara kerjanya.

Apa Aja Sih Taktik Ahli Jualan seorang Pebisnis?

Pemahaman penting dalam medsos yakni tentang membangun kolam. Kolam ini yakni sekumpulan fans atau follower Anda. Fans atau follower ini pada dasarnya yakni calon pembeli Anda. Agar calon pembeli kian banyak maka yang mesti Anda laksanakan adalah memperbesar kolamnya. Kenapa ini penting?

Begini simpelnya, lebih gampang mancing ikan di laut atau di kolam sendiri? Pasti lebih mudah mancing ikan di kolam sendiri? Mengapa? Karena ikannya udah berkumpul dan tinggal kita panen. Beberapa media atau messaging service yang dapat dipakai untuk memperbesar kolam seperti Facebook, Instagram, BBM, WA, Telegram dls.

Bagaimana agar ikan (follower) kian banyak dan kolam semakin besar? Kunci suksesnya yaitu kita wajib sharing sesuatu yang disukai ikan terlebih dahulu. Sehingga ikan-ikan datang berkumpul. Contoh, kalau jualan baju anak, kita harus rutin sharing seputar tips merawat anak atau tips parenting dls. Jadi ikan (calon pembeli) bakal join ke kolam kita.

Apa Aja Sih Taktik Ahli Jualan seorang Pebisnis?

4. Gunakan Copywriting untuk Jualan

Copywriting adalah segala bentuk tulisan di media apapun yang bertujuan untuk mempromosikan produk Anda supaya omzet melesat. Berikut beberapa tujuan copywriting?

  • Membuat penawaran lebih menarik
  • Meyakinkan calon pembeli
  • Mengubah calon pembeli jadi pembeli
  • Menaikan omzet
  • dls

Anda dapat bikin Copywriting untuk:

  • Status BBM,
  • Status WhatsApp,
  • Avatar,
  • BC Copy,
  • Email,
  • Social Media all channel,
  • Poster Iklan,
  • Bermacam ragam media offline
  • dan lainnya.

Apa Aja Sih Taktik Ahli Jualan seorang Pebisnis?

Penting diingat dan dipahami bahwa 3 detik pertama sangat menentukan. Artinya kita harus membikin judul promo semenarik mungkin bahkan buat penasaran. Beberapa eksekusi copywriting nantinya ada di headline / judul promo, storytelling, body copy, call to action, gimmick, benefit dll.

Perbedaan judul / headline dengan copywriting dan tanpa copywriting, seperti ini:

Tanpa copywriting:

  • Joinlah di Peluang Bisnis Laundry
  • Ikuti training teknik berjualan

Dengan copywriting:

  • Terungkap Rahasia Income Milyaran dari Bisnis Laundry
  • Ikuti Training Bongkar Cara Praktis Jualan Laris

Apa Aja Sih Taktik Ahli Jualan seorang Pebisnis?

5. Kuasai Teknik Closing

Apa itu teknik closing? Teknik ini ialah cara meyakinkan calon pembeli. Teknik ini sangat penting karena tanpa ini penjualan kita enggak akan besar. Teknik ini pun berperan mengubah calon pembeli jadi pembeli. Goal dari teknik closing ini yaitu biar timbulnya transaksi (closing) dan menghasilkan cash.
Beberapa teknik yang dapat dikerjakan buat teknik closing di antaranya seperti:

  • Memberikan bukti,
  • Gratis bonus,
  • Diskon,
  • Limited offer (penawaran terbatas),
  • Garansi (ada jaminan),
  • Voucher,
  • Memberikan testimoni,
  • Cross Selling / Up Selling,
  • Cash Back,
  • Fakta (meyakinkan) atau Trial (agar mencoba).

Teknik di atas bertujuan buat mengubah calon pembeli menjadi pembeli. Serta mendorong calon pembeli buat engga menunda pembelian yang ujung-ujungnya malah tidak jadi beli.

Coba lihat salah satu teknik di atas, misalnya aja teknik limited offer atau penawaran terbatas. Teknik ini dapat diterapkan dengan cara memberikan info bahwa promo cuma dibatasi buat 100 tercepat atau hanya selama seminggu. Nah, tujuan dari teknik ini yaitu buat mempercepat closing dari si calon pembeli sehingga calon pembeli tidak menunda pembeliannya.

Demikian informasi perihal Apa Aja Sih Taktik Ahli Jualan seorang Pebisnis?, kami harap artikel kali ini bermanfaat buat Anda. Kami berharap artikel ini diviralkan agar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *