[pgp_title]

Berikut Tahap-Tahap Ahli Jualan yang Anda Hendaknya Pahami!

Sekarang kami akan bahas mengenai Berikut Tahap-Tahap Ahli Jualan yang Anda Hendaknya Pahami!. Reseller yakni pihak yang membeli produk dari produsen / suplier dan menjual kembali produk tersebut. Apabila Anda mau berbisnis tanpa modal besar, tanpa pusing mikir produk dan ingin punya pendapatan tambahan maka reseller adalah jawabannya.

Berikut Tahap-Tahap Ahli Jualan yang Anda Hendaknya Pahami!

Berikut Tahap-Tahap Ahli Jualan yang Anda Hendaknya Pahami!

Tapi buat jadi reseller yang sukses dan berhasil closing banyak Anda mesti menguasai ilmunya. Pahami ke 5 kunci ini agar Anda sebagai reseller bakal bisa mendapat income yang optimal. Perlu diingat kunci ini juga bisa dipakai oleh para penjual, pedagang, entrepreneur, pebisnis dan lain-lain. Nah, mari langsung kita bahas satu-per-satu Kunci Reseller Jago Jualan.

1. Harus Kuasai Produk yang Dijual

Poin pertama ini sangat penting buat para reseller. Orang yang memahami produk bakal lebih cepat dan lebih banyak closing dibanding dengan yang kagak mengerti produk yang dijual. Penguasaan ini meliputi kelebihan dan keuntungan dari produk yang Anda jual.

Bakal lebih bagus lagi jika Anda telah mencoba produknya terlebih dulu. Sehingga dapat menceritakan pengalaman Anda ke calon prospek. Kenapa ini penting? Karena Anda bakal menemui tipe-tipe pembeli yang akan bertanya “Anda udah memakai produknya?”.

Berikut Tahap-Tahap Ahli Jualan yang Anda Hendaknya Pahami!

Waktu ditanya seperti ini, pasti kita tidak berkutik bila belum pernah menggunakan produknya. Oleh karena itu langkah paling awal yaitu Anda kudu pakai produknya lebih dahulu sebelum menyarankan ke orang lain.

Simpelnya begini, waktu telah mengerti produknya atau udah mencoba sendiri, Anda bisa menjelaskan produk ke calon prospek jauh lebih cepat dan terkesan ahli. Dari sini si calon pembeli jauh lebih percaya. Selain itu, seorang reseller yang mengerti produk, maka jualannya lebih PEDE dibanding yang kagak menguasai atau bahkan kagak mencoba produknya sendiri.

2. Wajib Tentukan Target Jualan Setiap Bulan

Topik ini menjadi penting agar penjualan yang Anda jalankan dapat berjalan terus-menerus. Jika enggak memiliki target yang jelas, pasti jualan gak akan niat, kurang semangat dan kagak ada hal yang bisa diukur. Enggak akan ada pencapaian kalau kagak ada target. Lalu gimana caranya buat target jualan?

Berikut Tahap-Tahap Ahli Jualan yang Anda Hendaknya Pahami!

Simpel, Anda harus bikin target jualan harian, mingguan dan bulanan. Target yang sudah dibuat ini harus Anda jaga dan dibalut dengan komitmen yang harus dijalani. Di samping itu, target ini mesti ditulis di tempat yang gampang terlihat seperti di whiteboard, dinding, buku, dan lainnya. Tujuannya agar kita teringat dengan target yang baru kita capai. Supaya lebih bersemangat lagi, buatlah apresiasi buat diri Anda sendiri. Semacam hadiah jika target yang Anda buat telah tercapai.

3. Pelajari Media Sosial untuk Jualan

Poin berikutnya yaitu berkaitan dengan pentingnya menggunakan sosmed untuk berjualan. Era internet terutama boomingnya jejaring sosial jadi kunci sukses banyak reseller ketika berjualan. Mengapa dapat begitu?

Sebab media sosial merupakan tools yang meringankan para reseller atau entrepreneur menemukan banyak orang buat mengenalkan produk yang dijual. Keunggulan dari sosmed ini adalah Anda kagak mesti mengeluarkan duit banyak buat dapat berjualan. Bahkan hanya modal pulsa internet kita bisa langsung jualan. Sebab sosial media adalah media yang amat ampuh kalau kita tahu cara kerjanya.

Berikut Tahap-Tahap Ahli Jualan yang Anda Hendaknya Pahami!

Pemahaman penting dalam jejaring sosial adalah tentang membangun kolam. Kolam ini adalah sekumpulan fans atau follower Anda. Fans atau follower ini pada dasarnya merupakan calon pembeli Anda. Supaya calon pembeli semakin banyak maka yang wajib Anda jalankan adalah memperbesar kolamnya. Mengapa ini penting?

Begini simpelnya, lebih gampang mancing ikan di laut atau di kolam sendiri? Pasti lebih mudah mancing ikan di kolam sendiri? Kenapa? Sebab ikannya sudah berkumpul dan tinggal kita panen. Beberapa media atau messaging service yang bisa dipakai untuk memperbesar kolam seperti Facebook, Instagram, BBM, WA, Telegram dll.

Gimana biar ikan (follower) semakin banyak dan kolam semakin besar? Kunci suksesnya adalah kita harus sharing sesuatu yang disukai ikan lebih dahulu. Sehingga ikan-ikan datang berkumpul. Contohnya, jika jualan baju anak, kita wajib rutin sharing mengenai tips merawat anak atau tips parenting dan lain-lain. Jadi ikan (calon pembeli) akan join ke kolam kita.

Berikut Tahap-Tahap Ahli Jualan yang Anda Hendaknya Pahami!

4. Pakai Copywriting buat Jualan

Copywriting yaitu segala bentuk tulisan di media apapun yang bertujuan buat mempromosikan produk supaya omset melesat. Berikut beberapa tujuan copywriting?

  • Membuat penawaran lebih menarik
  • Meyakinkan calon pembeli
  • Mengubah calon pembeli jadi pembeli
  • Menaikan omset
  • dst

Anda bisa buat Copywriting untuk:

  • Status BBM,
  • Status WhatsApp,
  • Avatar,
  • BC Copy,
  • Email,
  • Social Media all channel,
  • Poster Iklan,
  • Beragam media offline
  • dls.

Berikut Tahap-Tahap Ahli Jualan yang Anda Hendaknya Pahami!

Penting diingat dan dimengerti bahwa tiga detik pertama sangat menentukan. Artinya kita perlu buat judul promo semenarik mungkin malahan membikin penasaran. Beberapa eksekusi copywriting nantinya ada di headline / judul promo, storytelling, body copy, call to action, gimmick, benefit dan banyak lagi yang lainnya.

Perbedaan judul / headline dengan copywriting dan tanpa copywriting, seperti ini:

Tanpa copywriting:

  • Joinlah di Peluang Bisnis Laundry
  • Ikuti training teknik berjualan

Dengan copywriting:

  • Terungkap Rahasia Income Milyaran dari Bisnis Laundry
  • Ikuti Training Bongkar Cara Praktis Jualan Laris

Berikut Tahap-Tahap Ahli Jualan yang Anda Hendaknya Pahami!

5. Kuasai Teknik Closing

Apa itu teknik closing? Teknik ini yaitu cara meyakinkan calon pembeli. Teknik ini amat penting karena tanpa ini penjualan kita tak bakal besar. Teknik ini juga berperan mengubah calon pembeli menjadi pembeli. Goal dari teknik closing ini adalah biar timbulnya transaksi (closing) dan menghasilkan cash.
Beberapa teknik yang bisa dilakukan buat teknik closing antara lain seperti:

  • Memberikan bukti,
  • Gratis bonus,
  • Diskon,
  • Limited offer (penawaran terbatas),
  • Garansi (ada jaminan),
  • Voucher,
  • Memberikan testimoni,
  • Cross Selling / Up Selling,
  • Cash Back,
  • Fakta (meyakinkan) atau Trial (biar mencoba).

Teknik di atas bertujuan untuk mengubah calon pembeli menjadi pembeli. Serta mendorong calon pembeli untuk gak menunda pembelian yang ujung-ujungnya malah kagak jadi beli.

Coba lihat salah satu teknik di atas, misalnya aja teknik limited offer atau penawaran terbatas. Teknik ini bisa diterapkan dengan cara memberikan informasi bahwa promo hanya dibatasi buat 100 tercepat atau hanya selama seminggu. Nah, tujuan dari teknik ini adalah buat mempercepat closing dari si calon pembeli sehingga calon pembeli engga menunda pembeliannya.

Sekian info mengenai Berikut Tahap-Tahap Ahli Jualan yang Anda Hendaknya Pahami!, semoga post ini membantu sahabat semua. Mohon postingan ini dibagikan agar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *