[pgp_title]

5 Langkah Cerdas Menjadi Ahli Jualan buat Pebisnis

Topik kita kali ini yaitu 5 Langkah Cerdas Menjadi Ahli Jualan buat Pebisnis. Reseller merupakan pihak yang membeli produk dari produsen / suplier dan menjual kembali produk tersebut. Apabila Anda mau berbisnis tanpa modal besar, tanpa pusing mikir produk dan ingin mempunyai income tambahan maka reseller adalah jawabannya.

5 Langkah Cerdas Menjadi Ahli Jualan buat Pebisnis

5 Langkah Cerdas Menjadi Ahli Jualan buat Pebisnis

Tapi untuk menjadi reseller yang sukses dan berhasil closing banyak Anda perlu mengerti ilmunya. Pahami ke 5 kunci ini supaya Anda sebagai seorang reseller akan bisa mendapatkan penghasilan yang optimal. Perlu diingat kunci ini juga dapat digunakan oleh para penjual, pedagang, entrepreneur, pebisnis dan banyak lagi. Nah, mari langsung kita bahas satu-per-satu Kunci Reseller Jago Jualan.

1. Harus Kuasai Produk yang Dijual

Poin pertama ini sangat penting buat seorang reseller. Orang yang memiliki produk akan lebih cepat dan lebih banyak closing dibanding dengan yang gak mengerti produk yang dijual. Penguasaan ini melingkupi kelebihan dan keuntungan dari produk yang Anda jual.

Akan lebih bagus lagi kalau Anda telah mencoba produknya terlebih dahulu. Sehingga bisa menceritakan pengalaman Anda ke calon prospek. Mengapa ini penting? Karena Anda bakal menemui tipe-tipe pembeli yang bakal bertanya “Anda udah memakai produknya?”.

5 Langkah Cerdas Menjadi Ahli Jualan buat Pebisnis

Ketika ditanya seperti ini, pasti kita ga berkutik apabila belum pernah menggunakan produknya. Oleh sebab itu langkah paling awal ialah Anda mesti memakai produknya terlebih dulu sebelum merekomendasikan ke orang lain.

Simpelnya begini, saat sudah memahami produknya atau telah mencoba sendiri, Anda dapat mendeskripsikan produk ke calon prospek jauh lebih cepat dan terkesan ahli. Dari sini si calon pembeli jauh lebih percaya. Selain itu, seorang reseller yang paham produk, maka jualannya lebih PEDE dibanding yang gak mengerti atau bahkan gak mencoba produknya sendiri.

2. Harus Tentukan Target Jualan Setiap Bulan

Topik ini menjadi penting agar penjualan yang Anda kerjakan bisa berjalan terus-menerus. Bila enggak punya target yang jelas, pasti jualan enggak bakal niat, kurang semangat dan kagak ada hal yang dapat diukur. Tidak akan ada pencapaian kalau tidak ada target. Lalu bagaimana caranya membuat target jualan?

5 Langkah Cerdas Menjadi Ahli Jualan buat Pebisnis

Sederhana, Anda wajib membikin target jualan harian, mingguan dan bulanan. Target yang udah dibuat ini perlu Anda jaga dan dibalut dengan komitmen yang patut dijalani. Di samping itu, target ini mesti ditulis di tempat yang gampang terlihat seperti di whiteboard, dinding, buku, dls. Tujuannya biar kita teringat dengan target yang baru kita capai. Agar lebih bersemangat lagi, buatlah apresiasi buat diri Anda sendiri. Semacam hadiah jika target yang Anda bikin telah tercapai.

3. Pelajari Media Sosial buat Jualan

Poin selanjutnya adalah mengenai pentingnya pakai sosmed buat berjualan. Era internet terutama boomingnya jejaring sosial jadi kunci sukses banyak reseller saat berjualan. Kenapa bisa begitu?

Karena medsos adalah tools yang meringankan seorang reseller atau penjual menemui banyak orang untuk mengenalkan produk yang dijual. Kelebihan dari sosmed ini ialah Anda tak harus mengeluarkan uang banyak buat bisa berjualan. Bahkan hanya modal pulsa internet kita dapat langsung jualan. Sebab media sosial ialah media yang sangat ampuh kalau kita memahami cara kerjanya.

5 Langkah Cerdas Menjadi Ahli Jualan buat Pebisnis

Pemahaman penting dalam media sosial ialah berhubungan dengan membangun kolam. Kolam ini yakni sekumpulan fans atau follower Anda. Fans atau follower ini pada dasarnya yakni calon pembeli Anda. Supaya calon pembeli kian banyak maka yang wajib Anda lakukan ialah memperbesar kolamnya. Mengapa ini penting?

Begini simpelnya, lebih gampang mancing ikan di laut atau di kolam sendiri? Pasti lebih mudah mancing ikan di kolam sendiri? Mengapa? Sebab ikannya telah berkumpul dan tinggal kita panen. Beberapa media atau messaging service yang bisa dipakai buat memperbesar kolam seperti Facebook, Instagram, BBM, WA, Telegram dsb.

Gimana biar ikan (follower) makin banyak dan kolam semakin besar? Kunci suksesnya ialah kita kudu sharing sesuatu yang disukai ikan lebih dulu. Sehingga ikan-ikan datang berkumpul. Contohnya, apabila jualan baju anak, kita kudu rutin sharing tentang tips merawat anak atau tips parenting dll. Jadi ikan (calon pembeli) akan join ke kolam kita.

5 Langkah Cerdas Menjadi Ahli Jualan buat Pebisnis

4. Pakai Copywriting buat Jualan

Copywriting adalah segala bentuk tulisan di media apapun yang bertujuan buat mempromosikan produk Anda supaya omset melesat. Berikut beberapa tujuan copywriting?

  • Bikin penawaran lebih menarik
  • Meyakinkan calon pembeli
  • Mengubah calon pembeli jadi pembeli
  • Menaikan omzet
  • dll

Anda bisa membikin Copywriting untuk:

  • Status BBM,
  • Status WhatsApp,
  • Avatar,
  • BC Copy,
  • Email,
  • Social Media all channel,
  • Poster Iklan,
  • Beragam media offline
  • dst.

5 Langkah Cerdas Menjadi Ahli Jualan buat Pebisnis

Penting diingat dan dimengerti bahwa 3 detik pertama sangat menentukan. Artinya kita mesti bikin judul promo semenarik mungkin malahan membikin penasaran. Beberapa eksekusi copywriting nantinya ada di headline / judul promo, storytelling, body copy, call to action, gimmick, benefit dan banyak lagi.

Perbedaan judul / headline dengan copywriting dan tanpa copywriting, seperti ini:

Tanpa copywriting:

  • Joinlah di Peluang Bisnis Laundry
  • Ikuti training teknik berjualan

Dengan copywriting:

  • Terungkap Rahasia Income Milyaran dari Bisnis Laundry
  • Ikuti Training Bongkar Cara Praktis Jualan Laris

5 Langkah Cerdas Menjadi Ahli Jualan buat Pebisnis

5. Kuasai Teknik Closing

Apa itu teknik closing? Teknik ini merupakan cara meyakinkan calon pembeli. Teknik ini amat penting karena tanpa ini penjualan kita kagak bakal besar. Teknik ini pun berperan mengubah calon pembeli menjadi pembeli. Goal dari teknik closing ini yakni supaya timbulnya transaksi (closing) dan menghasilkan cash.
Beberapa teknik yang dapat dilaksanakan untuk teknik closing antara lain seperti:

  • Memberikan bukti,
  • Gratis bonus,
  • Diskon,
  • Limited offer (penawaran terbatas),
  • Garansi (ada jaminan),
  • Voucher,
  • Memberikan testimoni,
  • Cross Selling / Up Selling,
  • Cash Back,
  • Fakta (meyakinkan) atau Trial (supaya mencoba).

Teknik di atas bertujuan buat mengubah calon pembeli jadi pembeli. Serta mendorong calon pembeli untuk ga menunda pembelian yang ujung-ujungnya malah ga jadi beli.

Coba lihat salah satu teknik di atas, misalnya aja teknik limited offer atau penawaran terbatas. Teknik ini dapat diterapkan dengan cara memberikan info bahwa promo hanya dibatasi untuk 100 tercepat atau cuma selama seminggu. Nah, tujuan dari teknik ini ialah buat mempercepat closing dari si calon pembeli sehingga calon pembeli gak menunda pembeliannya.

Sekian informasi berkaitan dengan 5 Langkah Cerdas Menjadi Ahli Jualan buat Pebisnis, kami harap postingan kali ini membantu kalian. Tolong post ini diviralkan biar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *