[pgp_title]

Begini Loh Beberapa Cara Pandai Penjual Ahli Jualan

Pembahasan kita sekarang ialah Begini Loh Beberapa Cara Pandai Penjual Ahli Jualan. Reseller yaitu pihak yang membeli produk dari produsen / suplier dan menjual kembali produk tersebut. Jika Anda mau berbisnis tanpa modal besar, tanpa pusing mikir produk dan mau memiliki income tambahan maka reseller yakni jawabannya.

Begini Loh Beberapa Cara Pandai Penjual Ahli Jualan

Begini Loh Beberapa Cara Pandai Penjual Ahli Jualan

Akan tetapi untuk menjadi seorang reseller yang sukses dan berhasil closing banyak Anda perlu memahami ilmunya. Pahami ke 5 kunci ini biar Anda sebagai seorang reseller bakal bisa mendapat pendapatan yang maksimal. Perlu diingat kunci ini juga dapat digunakan oleh para penjual, pedagang, entrepreneur, pebisnis dll. Nah, mari langsung kita bahas satu-per-satu Kunci Reseller Jago Jualan.

1. Wajib Kuasai Produk yang Dijual

Poin pertama ini amat penting buat para reseller. Orang yang memiliki produk akan lebih cepat dan lebih banyak closing dibanding dengan yang gak paham produk yang Anda jual. Penguasaan ini meliputi kelebihan dan keuntungan dari produk yang Anda jual.

Akan lebih bagus lagi kalau Anda udah mencoba produknya lebih dulu. Sehingga bisa menceritakan pengalaman Anda ke calon prospek. Kenapa ini penting? Sebab Anda bakal menemukan tipe-tipe pembeli yang akan bertanya “Anda sudah menggunakan produknya?”.

Begini Loh Beberapa Cara Pandai Penjual Ahli Jualan

Waktu ditanya seperti ini, pasti kita tidak berkutik jika belum pernah memakai produknya. Oleh karena itu langkah paling awal yakni Anda perlu memakai produknya lebih dulu sebelum menyarankan ke orang lain.

Sederhananya begini, waktu udah menguasai produknya atau udah mencoba sendiri, Anda dapat menerangkan produk ke calon prospek jauh lebih cepat dan terkesan ahli. Dari sini si calon pembeli jauh lebih percaya. Di samping itu, seorang reseller yang mengerti produk, maka jualannya lebih PEDE dibanding yang ga memahami atau bahkan ga mencoba produknya sendiri.

2. Wajib Tentukan Target Jualan Setiap Bulan

Topik ini jadi penting agar penjualan yang Anda laksanakan dapat berjalan terus-menerus. Bila engga mempunyai target yang jelas, pasti jualan ga bakal niat, kurang semangat dan ga ada hal yang bisa diukur. Ga akan ada pencapaian jika engga ada target. Lalu bagaimana caranya buat target jualan?

Begini Loh Beberapa Cara Pandai Penjual Ahli Jualan

Simpel, Anda mesti buat target jualan harian, mingguan dan bulanan. Target yang sudah dibuat ini kudu Anda jaga dan dibalut dengan komitmen yang harus dijalani. Selain itu, target ini kudu ditulis di tempat yang gampang terlihat contoh di whiteboard, dinding, buku, dsb. Tujuannya agar kita teringat dengan target yang baru kita capai. Biar lebih bersemangat lagi, buatlah apresiasi untuk diri Anda sendiri. Semacam hadiah apabila target yang Anda bikin udah tercapai.

3. Pelajari Media Sosial untuk Jualan

Poin berikutnya yakni tentang pentingnya menggunakan media sosial buat berjualan. Era internet terutama boomingnya sosmed menjadi kunci sukses banyak reseller saat berjualan. Kenapa bisa begitu?

Sebab medsos ialah tools yang memudahkan seorang reseller atau pedagang menjumpai banyak orang untuk mengenalkan produk yang dijual. Keunggulan dari media sosial ini adalah Anda tak harus mengeluarkan duit banyak untuk dapat berjualan. Bahkan hanya modal pulsa internet kita bisa langsung jualan. Karena medsos merupakan media yang amat ampuh jika kita mengetahui cara kerjanya.

Begini Loh Beberapa Cara Pandai Penjual Ahli Jualan

Pemahaman penting dalam medsos yaitu berkaitan dengan membangun kolam. Kolam ini ialah sekumpulan fans atau follower Anda. Fans atau follower ini pada dasarnya adalah calon pembeli Anda. Agar calon pembeli semakin banyak maka yang mesti Anda laksanakan ialah memperbesar kolamnya. Mengapa ini penting?

Begini sederhananya, lebih gampang mancing ikan di laut atau di kolam sendiri? Pasti lebih gampang mancing ikan di kolam sendiri? Kenapa? Sebab ikannya sudah berkumpul dan tinggal kita panen. Beberapa media atau messaging service yang bisa dipakai buat memperbesar kolam seperti Facebook, Instagram, BBM, WA, Telegram dan banyak lagi.

Bagaimana agar ikan (follower) kian banyak dan kolam makin besar? Kunci suksesnya yakni kita harus sharing sesuatu yang disukai ikan terlebih dulu. Sehingga ikan-ikan datang berkumpul. Misalnya, kalau jualan baju anak, kita wajib rutin sharing tentang tips merawat anak atau tips parenting dll. Jadi ikan (calon pembeli) akan join ke kolam kita.

Begini Loh Beberapa Cara Pandai Penjual Ahli Jualan

4. Pakai Copywriting buat Jualan

Copywriting ialah segala bentuk tulisan di media apapun yang bertujuan buat mempromosikan produk Anda agar omset melesat. Berikut beberapa tujuan copywriting?

  • Bikin penawaran lebih menarik
  • Meyakinkan calon pembeli
  • Mengubah calon pembeli jadi pembeli
  • Menaikan omzet
  • dsb

Anda bisa buat Copywriting untuk:

  • Status BBM,
  • Status WhatsApp,
  • Avatar,
  • BC Copy,
  • Email,
  • Social Media all channel,
  • Poster Iklan,
  • Beragam media offline
  • dan banyak lagi yang lainnya.

Begini Loh Beberapa Cara Pandai Penjual Ahli Jualan

Penting diingat dan dipahami bahwa 3 detik pertama amat menentukan. Artinya kita perlu membikin judul promo semenarik mungkin bahkan bikin penasaran. Beberapa eksekusi copywriting nantinya ada di headline / judul promo, storytelling, body copy, call to action, gimmick, benefit dst.

Perbedaan judul / headline dengan copywriting dan tanpa copywriting, seperti ini:

Tanpa copywriting:

  • Joinlah di Peluang Bisnis Laundry
  • Ikuti training teknik berjualan

Dengan copywriting:

  • Terungkap Rahasia Income Milyaran dari Bisnis Laundry
  • Ikuti Training Bongkar Cara Praktis Jualan Laris

Begini Loh Beberapa Cara Pandai Penjual Ahli Jualan

5. Kuasai Teknik Closing

Apa itu teknik closing? Teknik ini yaitu cara meyakinkan calon pembeli. Teknik ini sangat penting karena tanpa ini penjualan kita gak akan besar. Teknik ini juga berperan mengubah calon pembeli menjadi pembeli. Goal dari teknik closing ini yakni supaya terjadinya transaksi (closing) dan menghasilkan cash.
Beberapa teknik yang bisa dilaksanakan buat teknik closing di antaranya seperti:

  • Memberikan bukti,
  • Gratis bonus,
  • Diskon,
  • Limited offer (penawaran terbatas),
  • Garansi (ada jaminan),
  • Voucher,
  • Memberikan testimoni,
  • Cross Selling / Up Selling,
  • Cash Back,
  • Fakta (meyakinkan) atau Trial (agar mencoba).

Teknik di atas bertujuan buat mengubah calon pembeli menjadi pembeli. Serta mendorong calon pembeli untuk gak menunda pembelian yang ujung-ujungnya malah kagak jadi beli.

Coba lihat salah satu teknik di atas, misalnya saja teknik limited offer atau penawaran terbatas. Teknik ini dapat diterapkan dengan cara memberikan info bahwa promo hanya dibatasi untuk 100 tercepat atau cuma selama seminggu. Nah, tujuan dari teknik ini yakni buat mempercepat closing dari si calon pembeli sehingga calon pembeli enggak menunda pembeliannya.

Sekian informasi terkait dengan Begini Loh Beberapa Cara Pandai Penjual Ahli Jualan, kami harap artikel kali ini mencerahkan teman-teman semua. Mohon postingan ini disebarluaskan supaya semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *