Bagaimana Sih Cara Jago Jualan untuk para Penjual?

Pembahasan kita kali ini yakni Bagaimana Sih Cara Jago Jualan untuk para Penjual?. Reseller merupakan pihak yang membeli produk dari produsen / suplier dan menjual kembali produk tersebut. Bila Anda mau berbisnis tanpa modal besar, tanpa pusing mikir produk dan ingin memiliki pendapatan tambahan maka reseller yakni jawabannya.

Bagaimana Sih Cara Jago Jualan untuk para Penjual?

Bagaimana Sih Cara Jago Jualan untuk para Penjual?

Namun buat jadi reseller yang sukses dan berhasil closing banyak Anda kudu mengerti ilmunya. Pahami ke 5 kunci ini agar Anda sebagai seorang reseller bakal bisa mendapatkan penghasilan yang optimal. Perlu diingat kunci ini juga dapat digunakan oleh para penjual, pedagang, entrepreneur, pebisnis dls. Nah, mari langsung kita bahas satu-per-satu Kunci Reseller Jago Jualan.

1. Harus Kuasai Produk yang Dijual

Poin pertama ini sangat penting buat seorang reseller. Orang yang memiliki produk akan lebih cepat dan lebih banyak closing dibanding dengan yang ga paham produk yang dijual. Penguasaan ini meliputi kelebihan dan keuntungan dari produk yang Anda jual.

Bakal lebih bagus lagi apabila Anda udah mencoba produknya terlebih dulu. Sehingga bisa menceritakan pengalaman Anda ke calon prospek. Mengapa ini penting? Karena Anda bakal menemukan tipe-tipe pembeli yang bakal bertanya “Anda udah memakai produknya?”.

Bagaimana Sih Cara Jago Jualan untuk para Penjual?

Saat ditanya seperti ini, pasti kita ga berkutik bila belum pernah pakai produknya. Oleh karena itu langkah paling awal yakni Anda perlu menggunakan produknya terlebih dulu sebelum menyarankan ke orang lain.

Simpelnya begini, ketika sudah mengerti produknya atau sudah mencoba sendiri, Anda dapat menerangkan produk ke calon prospek jauh lebih cepat dan terkesan ahli. Dari sini si calon pembeli jauh lebih percaya. Selain itu, seorang reseller yang paham produk, maka jualannya lebih PEDE dibanding yang gak menguasai atau bahkan gak mencoba produknya sendiri.

2. Wajib Tentukan Target Jualan Setiap Bulan

Topik ini jadi penting agar penjualan yang Anda jalankan bisa berjalan terus-menerus. Kalau enggak memiliki target yang jelas, pasti jualan enggak bakal niat, kurang semangat dan ga ada hal yang dapat diukur. Gak bakal ada pencapaian kalau enggak ada target. Lalu bagaimana caranya buat target jualan?

Bagaimana Sih Cara Jago Jualan untuk para Penjual?

Simpel, Anda wajib membikin target jualan harian, mingguan dan bulanan. Target yang telah dibuat ini kudu Anda jaga dan dibalut dengan komitmen yang perlu dijalani. Selain itu, target ini harus ditulis di tempat yang mudah terlihat seperti di whiteboard, dinding, buku, dan lain-lain. Tujuannya agar kita teringat dengan target yang baru kita capai. Supaya lebih bersemangat lagi, buatlah apresiasi buat diri Anda sendiri. Semacam hadiah jika target yang Anda bikin udah tercapai.

3. Pelajari Media Sosial untuk Jualan

Poin selanjutnya yakni perihal pentingnya memakai sosmed buat berjualan. Era internet terutama boomingnya medsos menjadi kunci sukses banyak reseller saat berjualan. Kenapa dapat begitu?

Sebab jejaring sosial merupakan tools yang meringankan reseller atau pedagang menjumpai banyak orang buat mengenalkan produk yang dijual. Kelebihan dari sosmed ini yakni Anda ga wajib mengeluarkan uang banyak untuk bisa berjualan. Bahkan hanya modal pulsa internet kita dapat langsung jualan. Sebab medsos ialah media yang sangat ampuh kalau kita mengetahui cara kerjanya.

Bagaimana Sih Cara Jago Jualan untuk para Penjual?

Pemahaman penting dalam media sosial ialah berkaitan dengan membangun kolam. Kolam ini ialah sekumpulan fans atau follower Anda. Fans atau follower ini pada dasarnya yakni calon pembeli Anda. Agar calon pembeli makin banyak maka yang perlu Anda lakukan adalah memperbesar kolamnya. Kenapa ini penting?

Begini sederhananya, lebih gampang mancing ikan di laut atau di kolam sendiri? Pasti lebih gampang mancing ikan di kolam sendiri? Mengapa? Sebab ikannya udah berkumpul dan tinggal kita panen. Beberapa media atau messaging service yang dapat dipakai buat memperbesar kolam seperti Facebook, Instagram, BBM, WA, Telegram dst.

Gimana agar ikan (follower) semakin banyak dan kolam semakin besar? Kunci suksesnya yaitu kita perlu sharing sesuatu yang disukai ikan terlebih dulu. Sehingga ikan-ikan datang berkumpul. Misal, kalau jualan baju anak, kita wajib rutin sharing berkaitan dengan tips merawat anak atau tips parenting dan banyak lagi. Jadi ikan (calon pembeli) akan join ke kolam kita.

Bagaimana Sih Cara Jago Jualan untuk para Penjual?

4. Gunakan Copywriting untuk Jualan

Copywriting adalah segala bentuk tulisan di media apapun yang bertujuan untuk mempromosikan produk Anda agar omzet melesat. Berikut beberapa tujuan copywriting?

  • Bikin penawaran lebih menarik
  • Meyakinkan calon pembeli
  • Mengubah calon pembeli jadi pembeli
  • Menaikkan omset
  • dls

Anda bisa membikin Copywriting untuk:

  • Status BBM,
  • Status WhatsApp,
  • Avatar,
  • BC Copy,
  • Email,
  • Social Media all channel,
  • Poster Iklan,
  • Bermacam ragam media offline
  • dsb.

Bagaimana Sih Cara Jago Jualan untuk para Penjual?

Penting diingat dan dipahami bahwa 3 detik pertama sangat menentukan. Artinya kita harus membuat judul promo semenarik mungkin malahan membuat penasaran. Beberapa eksekusi copywriting nantinya ada di headline / judul promo, storytelling, body copy, call to action, gimmick, benefit dll.

Perbedaan judul / headline dengan copywriting dan tanpa copywriting, seperti ini:

Tanpa copywriting:

  • Joinlah di Peluang Bisnis Laundry
  • Ikuti training teknik berjualan

Dengan copywriting:

  • Terungkap Rahasia Income Milyaran dari Bisnis Laundry
  • Ikuti Training Bongkar Cara Praktis Jualan Laris

Bagaimana Sih Cara Jago Jualan untuk para Penjual?

5. Kuasai Teknik Closing

Apa itu teknik closing? Teknik ini ialah cara meyakinkan calon pembeli. Teknik ini sangat penting karena tanpa ini penjualan kita gak akan besar. Teknik ini pun berperan mengubah calon pembeli jadi pembeli. Goal dari teknik closing ini yaitu supaya timbulnya transaksi (closing) dan menghasilkan cash.
Beberapa teknik yang bisa dijalankan untuk teknik closing di antaranya seperti:

  • Memberikan bukti,
  • Gratis bonus,
  • Diskon,
  • Limited offer (penawaran terbatas),
  • Garansi (ada jaminan),
  • Voucher,
  • Memberikan testimoni,
  • Cross Selling / Up Selling,
  • Cash Back,
  • Fakta (meyakinkan) atau Trial (agar mencoba).

Teknik di atas bertujuan buat mengubah calon pembeli menjadi pembeli. Serta mendorong calon pembeli buat tidak menunda pembelian yang ujung-ujungnya malah tak jadi beli.

Coba lihat salah satu teknik di atas, misalnya aja teknik limited offer atau penawaran terbatas. Teknik ini dapat diterapkan dengan cara memberikan informasi bahwa promo cuma dibatasi untuk 100 tercepat atau hanya selama seminggu. Nah, tujuan dari teknik ini yakni buat mempercepat closing dari si calon pembeli sehingga calon pembeli enggak menunda pembeliannya.

Demikian info perihal Bagaimana Sih Cara Jago Jualan untuk para Penjual?, kami harap post ini berguna buat Anda. Kami berharap post ini diviralkan supaya semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *