Breaking
Home » Proposal Bisnis » Bisnis Toko Kelontong Prospeknya Masih Menjanjikan

Bisnis Toko Kelontong Prospeknya Masih Menjanjikan

Membuka bisnis toko kelontong sangat cocok bagi Anda yang akan pensiun. Hanya saja, bidang bisnis ini telah banyak digeluti sehingga banyak juga orang yang ragu untuk menekuni usaha ini. Sebetulnya, yang jadi kunci kesuksesan dalam mengelola bisnis ini yaitu keunggulan atau ciri khas tersendiri pada toko Anda. Pelayanan yang baik adalah salah satu ciri khas yang bisa membedakan toko milik Anda dengan pesaing.

Bisnis Toko Kelontong

Memulai Bisnis Toko Kelontong

Persiapan yang matang adalah modal awal dalam memulai bisnis ini. Ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan saat memulai bisnis ini.

Lokasi Usaha Toko Kelontong

Bisnis toko kelontong lebih cocok dijalankan di sekitar perumahan atau pemukiman penduduk. Sebelum membuka bisnis ini Anda harus lihat kondisi daerah sekitar, apakah ramai atau tidak. Keuntungan membuka toko di rumah adalah tak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu besar. Karena tak ada biaya sewa tempat dan keamanan lebih terjamin.

Modal Usaha Toko Kelontong

Hal inilah yang perlu Anda persiapkan. Uang pensiun Anda merupakan modal awal dalam membuka bisnis ini. Oleh karenanya, skala bisnis kelontong pun dipengaruhi oleh uang pensiunan Anda. Beberapa ini beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk memulai bisnis ini, di antaranya sebagai berikut:

  1. Bila mau membuka toko kelontong, sebaiknya diawali dengan memasang spanduk atau banner di depan toko Anda.
  2. Buatlah perbedaan antara toko kelontong milik Anda dengan toko para Hal ini sangat penting dilakukan supaya para calon pembeli melihat nilai lebih dari toko Anda. Salah satu tindakan yang bisa Anda lakukan untuk membuat perbedaan itu yaitu menyediakan pelayanan yang lebih baik pada konsumen.
  3. Pelajari lebih dulu apa keunggulan dan kekurangan pesaing Anda. Kalau perlu, buat daftar sehingga memudahkan Anda mengingatnya. Setelah itu benahi toko Anda dan tonjolkan keunggulan dari toko Anda, sehingga lebih baik daripada toko lainnya.
  4. Dalam menjalankan bisnis toko kelontong, satu hal yang benar-benar harus diperhatikan adalah promosi. Bila melakukan promosi secara rutin, maka konsumen akan selalu ingat pada toko, produk, dan jasa pelayanan toko Anda. Jika bisnis Anda sedang seret, tetaplah berpromosi. Namun usahakan mencari berbagai cara promosi yang lebih efektif, efisien, dan tepat
Hambatan Usaha Toko Kelontong

Faktor yang sering jadi penghambat bisnis toko kelontong yaitu adanya persaingan yang tak sehat dari para pesaing. Lalu, bagaimana langkah Anda untuk mengatasi hal ini? Salah satu solusinya adalah tetaplah memberikan pelayanan yang terbaik pada pelanggan Anda. Manajemen Anda yang kurang baik sebagai pebisnis akan mengakibatkan keruntuhan modal usaha. Untuk mencegahnya, Anda atur pemasukan dan pengeluaran seteliti dan sedetail mungkin.

Strategi Usaha Toko Kelontong

Strategi yang bisa Anda lakukan dalam menjalankan bisnis toko kelontong ini antara lain sebagai berikut.

  1. Barang yang dijual lebih lengkap dibanding pesaing. Selain itu, Anda pun bisa menjual barang dalam kemasan dan ukuran yang berbeda dengan yang dijual oleh
  2. Perhatikan masalah harga supaya minimal sama, namun usahakan tak lebih mahal dari pesaing. Tapi, jangan juga terlalu murah supaya tak mematikan bisnis Perhatikan persaingan harga di antara berbagai toko sembako di sekitar lokasi toko Anda. Sebab biasanya para pembeli khususnya ibu-ibu rumah tangga sangat sensitif terhadap selisih harga, baik besar ataupun kecil.
  3. Beri pelayanan yang baik, misalnya selalu ramah, senyum dan melayani pembeli dengan sabar, bila perlu Anda dapat mengantar barang ke rumah (delevery order)

Analisis Usaha Toko Kelontong

Berikut perkiraan analisis bisnis toko kelontong yang bisa Anda jadikan rujukan (angka di bawah hanya estimasi) :

A. Modal awal:
a. Inventaris / peralatan :
Etalase Rp 3.500.000
Timbangan Rp 500.000
Meja dan kursi Rp 1.000.000
Jumlah Rp 5.000.000
b. Barang dagangan:
Pembelian barang dagangan Rp 4.000.000
c. Perlengkapan:
Toples Rp 200.000
Plastik Rp 25.000
Kalkulator Rp 50.000
Alat tulis Rp 25.000
Jumlah Rp 300.000
Jumlah modal awal: Rp 4.300.000
B. Perhitungan laba/rugi per bulan
a. Pendapatan:
Rp 200.000 x 30 hari Rp 6.000.000
b. Harga pokok:
Barang dagangan Rp 4.000.000
Laba/rugi kotor Rp 2.000.000
c. Biaya-biaya:
Biaya perlengkapan Rp 300.000
Biaya listrik, air, telepon Rp 150.000
Biaya transportasi Rp 300.000
Biaya penyusutan* Rp 104.146
Biaya lain-lain Rp 50.000
Jumlah biaya Rp 904.146
Laba/rugi bersih selama sebulan Rp 1.095.854

*Peralatan toko kelontong mengalami penyusutan selama 4 tahun. Penyusutan dengan memakai metode garis lurus dan punya nilai residu / sisa sebesar Rp 1.000. Biaya penyusutan inventaris toko yaitu sebesar : (Rp 5.000.000 – Rp 1.000) / 4 = Rp 1.249.750 per tahun atau Rp 104.146 per bulan.

Demikian info berkaitan dengan bisnis toko kelontong prospeknya masih menjanjikan, semoga artikel kali ini membantu Anda. Mohon artikel peluang bisnis bagi pemula dan pensiunan ini diviralkan supaya semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi: Peluang Menjadi Pengusaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

SEO Marketing

Memahami Seo Marketing untuk Mengoptimalkan Bisnis Online

lainnya dari strategi pemasaran bisnis Anda. Tahukah Anda bahwa bila bisnis punya website maka akan ...