Breaking
Home » Branding » The Power of Branding » Cara Mencari Ide Bisnis Online yang Tepat

Cara Mencari Ide Bisnis Online yang Tepat

Topik kita sekarang yaitu cara mencari ide bisnis online yang tepat. Untuk memunculkan suatu ide bisnis online, seorang wirausaha mesti mencari dan menemukan lebih dulu. Datangnya suatu ide dalam memulai bisnis dapat di temukan dari hal-hal yang terjadi dalam diri maupun lingkungan Anda tinggal.

Mencari Ide Bisnis

Cara Mencari Ide Bisnis Online yang Tepat

Untuk memulai usaha Anda harus segera mencari ide bisnis terbaik. Awal mula lahirnya ide dalam berbisnis baik bisnis online maupun offline yaitu berawal dari :

  • hobi
  • permasalahan sehari-hari
  • komunitas
  • kebutuhan
  • inspirasi
  • manapun ide itu datangnya

Berikut 2 penjelasan dari cara mencari ide bisnis online di atas

Ide Berawal dari Permasalahan Sehari-Hari

Ide berbisnis bisa datang dari temuan masalah sehari-hari yang terjadi di sekitar lingkungan Anda. Permasalahan sehari-hari yang terjadi di sekitar lingkungan dapat Anda manfaatkan sebagai ladang bisnis. Tentu untuk menangkap peluang bisnis ini Anda mesti jeli dalam melihatnya dan juga paham betul akan kebutuhan sekitar. Sehingga Anda bisa menentukan langkah-langkah yang tepat dalam memulai bisnis.

Salah satu cara mencari ide bisnis online berawal dari lingkungan sekitar yaitu;

a. Mark zuckerberg

Siapa yang tak kenal Mark Zuckerberg pemilik jejaring sosial Facebook yang kini dipakai lebih dari 300 juta pengguna di dunia. Ia mengerjakan proyek Facebook sejak usianya 20 tahun dan selesai 5 tahun kemudian. Tujuannya mendirikan Facebook yaitu karena ia ingin menghubungkan semua orang dan mau memberi kemudahan pada semua orang untuk berhubungan. Mark mau kebutuhan masyarakat yang selalu ingin terhubung satu sama lain di area berbeda bisa jadi mudah dengan adanya Facebook.

b. Asti Junas

Di sisi lain ada Asti Junas yang memulai bisnis jual baju big size. Bisnisnya terbilang sukses karena bisa mendatangkan untung / profit yang besar. Usahanya didapat setelah mencari ide bisnis dari permasalahan yang ada. Di mana didapatkan satu persoalan yaitu sulitnya mencari baju bigsize untuk dirinya sendiri. Menurutnya mode baju di era modern ini sangat trendi tapi tak ada yang pas untuknya karena punya badan yang besar.

Ukuran baju extra large di pasaran dinilai Asti belum pas untuk badannya. Dan Asti juga menyadari bahwa kasus seperti ini tak cuma terjadi pada dirinya saja. Kesadaran itulah yang dibaca Asti sebagai peluang bisnis. Bisnis butik pun dirambahnya, dimulai sejak 2012. Nama butik big size miliknya pun diberi nama Pasique Bigsize. Lalu Asti mulai mengimpor baju dari Korea. Karena selain bergaya trendi baju Korea juga memiliki ukuran yang besar.

Awalnya Asti merasa sulit dalam menjalankannya. Hingga pada tahun 2013 ia mengalokasikan tabungannya seandar Rp 15 juta untuk modal awal. Modal awal tersebut ia belanjakan kain batik dan kelengkapan baju lainnya seperti kancing. Di samping itu, ia mesti membayar 2 penjahit. Karena ia belum terampil menjahit sendiri. Produksi baju pertama Asti mencapai 100 potong.

Setelah terjun ke dunia bisnis, Asti mengungkapkan kunci terpenting dalam membangun bisnis. Kunci tersebut adalah tidak berhenti menimba ilmu kewirausahaan dari berbagai sumber. Ilmu dan networking yang cukup luas akan menunjang bisnis supaya berkembang baik.

c. Merry Riana

Di samping itu ada Merry Riana yang sukses dalam bidang konsultan keuangan. Ia adalah seorang motivator wanita yang kisah hidupnya dituliskan dalam sebuah buku berjudul mimpi sejuta dollar. Dan buku ini sudah didokumentasikan dalam bentuk film berjudul sama. Kehidupannya yang sulit semasa kuliah dan mesti bertahan hidup membuat Merry harus berjuang keras bertahan hidup. Yaitu dengan membanting stir jadi konsultan keuangan.

Berawal dari Manapun Ide itu Datangnya

Cara mencari ide bisnis online bisa dari mana saja. Baik dari lingkungan sekitar, pendapat teman, hobi, ataupun dari tokoh wirausaha yang menginspirasi Anda untuk memulai bisnis. Ide berwirausaha tak perlu ditunggu. Anda bisa langsung menjalankan ide mulai dari jadi reseller atau dropshipper. Bila siap Anda tinggal mempelajari teknik dan strategi untuk memulai bisnis ini. Dan memanfaatkan media sosial yang Anda gunakan untuk membantu penyebar luaskan bisnis.

Asal-usul datangnya sebuah ide dalam berwirausaha tak dapat selalu diprediksi. Sehingga saat Anda merasakan ide itu datang maka hasilnya juga akan sia-sia. Hal paling mudah ialah Anda mesti memahami lebih dulu kemampuan berbisnis Anda. Lalu mempelajari lebih dalam mengenai dunia wirausaha dan bisnis online. Saat sudah memahami potensi kemampuan bisnis, maka akan lebih mudah untuk mencari. Baik supplier untuk menentukan produk dan konsumen sebagai target pasar Anda.

Sumber ide pun bisa datang dari keberanian Anda sendiri untuk bereksperimen menciptakan sesuatu yang baru. Atau bergabung dengan teman Anda yang sudah punya bisnis baik online maupun offline. Lalu mengembangkan bisnisnya dengan kreativitas yang Anda miliki.

Sekian info berkaitan dengan cara mencari ide bisnis online yang tepat, kami harap post ini berguna untuk teman-teman semua. Kami berharap post memulai bisnis online ini dibagikan agar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi: Memulai Branding Jadi Pengusaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

SEO Marketing

Memahami Seo Marketing untuk Mengoptimalkan Bisnis Online

lainnya dari strategi pemasaran bisnis Anda. Tahukah Anda bahwa bila bisnis punya website maka akan ...