Breaking
Home » Studi Kelayakan Bisnis » Definisi Bisnis secara Umum yang Perlu Diketahui

Definisi Bisnis secara Umum yang Perlu Diketahui

Pembahasan kita sekarang yakni definisi bisnis secara umum yang perlu diketahui. Bisnis dalam bentuk apapun bisa terjadi di mana saja dan kapan saja dalam kehidupan manusia tiap hari. Bahkan hampir tiap aktivitas kita dapat dikaitkan dengan bisnis, mulai dari tidur hingga bangun. Semua produk yang kita gunakan sebetulnya dihasilkan melalui proses produksi, distribusi, jual, dan beli. Seperti makanan, minuman, pakaian, sepeda, mobil serta segala kebutuhan rumah tangga. Inilah yang dinamakan aktivitas ekonomi atau bisnis.

Definisi Bisnis

Definisi Bisnis

Uang yang dibelikan berbagai produk tersebut pun berasal dari bekerjanya suatu bisnis. Dalam kamus Bahasa Indonesia, bisnis diartikan sebagai :

  • usaha dagang,
  • komersial di dunia perdagangan, dan
  • bidang usaha.

Di zaman modern seperti sekarang ini dunia bisnis mengalami perkembangan yang pesat dan bersifat kompleks. Butuh waktu yang relative cukup lama bagi mereka yang mau mempelajarinya dan mempraktekanya hingga berhasil.

Secara umum bisnis diartikan sebagai suatu aktivitas yang dilakukan manusia untuk mendapatkan penghasilan dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginan hidupnya. Aktivitas ini dilakukan dengan cara mengelola sumber daya ekonomi secara efektif dan efisien.

Adapun pengertian bisnis menurut para ahli yaitu :

  • Skinner (2015) bisnis adalah pertukaran barang, jasa, atau uang yang saling menguntungkan atau memberi manfaat.
  • Anoraga dan Soegiastuti, bisnis punya makna dasar sebagai ”the buying and selling of goods and services”.
  • Straub dan Attner, definisi bisnis yaitu suatu organisasi yang menjalankan aktivitas produksi dan penjualan barang-­barang dan jasa­-jasa untuk memperoleh profit. Di mana hasil produksi ini diinginkan oleh konsumen.

Sedangkan dalam Islam bisnis bisa dipahami sebagai serangkaian kegiatan bisnis dalam berbagai bentuk. Di mana kegiatan ini tak dibatasi oleh jumlah kepemilikan akan hartanya (barang atau jasa) termasuk profitnya. Tapi dibatasi dalam cara perolehan dan pendayagunaan hartanya karena ada aturan halal dan haram.

Kesimpulan Pengertian Bisnis

Maka bisa ditarik kesimpulan bahwa definisi bisnis yaitu suatu lembaga yang melakukan 4 kegiatan. Dua dari kegiatan ini yaitu menghasilkan dan mendistribusikan produk (barang dan/atau jasa) yang dibutuhkan oleh masyarakat. Sedangkan 2 kegiatan lainnya yaitu mencari profit, dan mencoba memuaskan keinginan para konsumen. Secara umum ada 4 input yang selalu dipakai oleh seluruh pelaku bisnis yaitu :

  • sumber daya manusia,
  • sumber daya alam,
  • modal,
  • entrepreneurship atau yang dikenal dengan bisnis.

Selain itu, di dalam dunia bisnis paling tidak ada 6 pokok kegiatan yang dilakukan oleh sebuah entitas bisnis, yaitu antara lain :

  • menciptakan / memproduksi suatu barang dan/atau jasa,
  • memasarkan produk kepada konsumen,
  • membuat dan mempertanggungjawabkan transaksi keuangan,
  • merekrut, mempekerjakan, melatih, dan mengevaluasi karyawan,
  • memperoleh dan mengelola dana, serta
  • memproses sistem informasi.

Dari segala keterangan di atas dapat menggambarkan pengertian bisnis secara umum. Coba Anda lihat apa bedanya konsep bisnis secara umum dengan bisnis dalam ajaran syariah Islam.

Demikian info mengenai definisi bisnis secara umum yang perlu diketahui, kami harap postingan ini mencerahkan Anda. Kami berharap postingan studi kelayakan bisnis ini diviralkan biar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi: Menjadi Pebisnis Sukses

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Produk Synergy WorldWide

Produk Synergy Worldwide yang Sudah Terbukti Khasiatnya

Synergy WorldWide (SW) didedikasikan untuk menyediakan berbagai produk dengan kualitas terbaik untuk meningkatkan kualitas hidup ...