Breaking
Home » Kisah Sukses » Kisah Purdi E Chandra Pendiri Primagama

Kisah Purdi E Chandra Pendiri Primagama

Topik kita sekarang yaitu kisah Purdi E Chandra pendiri Primagama. Kisah sukses pengusaha kecil pendiri sebuah lembaga pedidikan atau bimbel yang awalnya hanya punya 1 atau 2 murid saja. Kini sudah punya ratusan ribu murid yang hampir tersebar di seluruh Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Bahkan di tangannya, lembaga pendidikan ini berhasil meraih penghargaan bergengsi dari Museum Rekor Indonesia (MURI).

Kisah Purdi E Chandra

Kisah Purdi E Chandra

Pasti Anda tak habis pikir sebab bisnis yang besar dimulai dari yang kecil. Yang hanya satu cabang dan yang paling parah hanya dua orang murid saja. Tokoh yang satu ini patut diangkat kisah perjalanan bisnisnya sebagai inspirasi kita semua. Tapi siapa sangka, keberhasilannya merintis bisnis ini ternyata penuh dengan jatuh bangun. Ia sering dihadapi dengan berbagai cobaan dan rintangan.

Namun berbekal kerja keras dan semangat pantang menyerah, akhirnya ia mampu untuk memperluas kesempatan kerja. Kesempatan ini diberikan bagi semua orang yang mau berkarya bersama beliau. Buktinya beliau kini punya berbagai bisnis yang banyak dan tersebar di seluruh nusantara (Indonesia). Selanjutnya dengan harapan dapat membagi pengetahuan mengenai kisah Purdi E Chandra yang sukses sebagai pengusaha kecil sampai jadi seorang milyader. Marilah kita simak artikel pengusaha sukses berikut ini.

Purdi E. Chandra lahir di Lampung 9 September 1959. Secara tidak resmi ia sudah mulai menjalankan bisnis sejak masih duduk di bangku SMP di Lampung. Yaitu saat dirinya beternak ayam dan bebek, lalu menjual telurnya di pasar.

Bisnis resminya sendiri dimulai pada 10 Maret 1982. Yaitu saat ia bersama dengan teman-temannya mendirikan Lembaga Bimbingan Test Primagama. Di mana bisnis ini yang lalu akan jadi bimbingan belajar. Saat mendirikan bisnis lembaga bimbingan ini ia masih tercatat sebagai mahasiswa di Yogyakarta (4 fakultas dari 2 Perguruan Tinggi Negeri). Tetapi karena merasa tak memperoleh apa-apa, Purdi akhirnya meninggalkan dunia pendidikan (kuliah) untuk menggeluti dunia bisnis.

Ini merupakan kisah Purdi E Chandra tentang jatuh bangun dalam menjalankan Primagama. Dari semula yang hanya 1 outlet dengan 2 murid, Primagama sedikit demi sedikit berkembang. Sekarang murid di Primagama sudah lebih dari 100 ribu orang per tahun. selain itu sudah memiliki ratusan outlet di berbagai kota di Indonesia. Karena perkembangannya yang sangat pesat itulah maka Primagama dikukuhkan sebagai Bimbingan Belajar Terbesar di Indonesia oleh MURI.

Sukses karena Dukungan Keluarga

Mengenai bisnisnya, Purdi mengaku banyak belajar dari sang ibu. Sementara untuk masalah kepemimpinan dan organisasi, ayahnyalah yang lebih banyak memberi bimbingan dan arahan. Bekal tersebut makin lengkap dengan dukungan penuh dari :

  • sang Istri Triningsih Kusuma Astuti,
  • kedua putranya Fesha dan Zidan.

Pada awal-awal kisah Purdi E Chandra mendirikan Primagama, ia selalu ditemani sang istri. Hal tersebut dilakukannya dalam rangka berkeliling kota di seluruh Indonesia untuk membuka cabang-cabang Primagama. Atas bantuan istrinya juga bisnis tersebut makin berkembang.

Saat ini Primagama sudah jadi Holding Company yang membawahi beberapa anak perusahaan. Di mana perusahaan-perusahaan ini bergerak di berbagai bidang seperti:

  • Pendidikan Formal,
  • Pendidikan Non-Formal,
  • Telekomunikasi,
  • Biro Perjalanan,
  • Rumah Makan,
  • Supermarket,
  • Asuransi,
  • Meubelair,
  • Lapangan Golf,
  • dan lain sebagainya.

Meskipun kesibukan Purdi sebagai entrepreneur yang sangat tinggi, tapi jiwa organisatorisnya tetap ia salurkan di berbagai organisasi. Tercatat Purdi pernah menjabat sebagai :

  • Ketua HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) cabang Yogyakarta,
  • Pengurus Kadinda (Kamar Dagang dan Industri Daerah) DIY, dan
  • Anggota MPR RI Utusan Daerah DIY.

Demikian informasi berkaitan dengan kisah Purdi E Chandra pendiri Primagama, semoga post kali ini berguna untuk Anda. Tolong post kisah sukses Purdi Chandra ini diviralkan biar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi: Menjadi Pengusaha Sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

SEO Marketing

Memahami Seo Marketing untuk Mengoptimalkan Bisnis Online

lainnya dari strategi pemasaran bisnis Anda. Tahukah Anda bahwa bila bisnis punya website maka akan ...