Breaking
Home » Panduan IM » Komponen Branding yang Sangat Penting untuk Bisnis

Komponen Branding yang Sangat Penting untuk Bisnis

Pembahasan kita sekarang yaitu komponen branding yang sangat penting untuk bisnis. Saat pertama kali melihat atau mendengar mengenai “Apple”, apa yang pertama kali terlintas dalam benak Anda? Jika Anda menjawab “Produk keren dan berkelas”. Itulah yang dinamakan branding atau pencitraan merk dari raksasa teknologi asal Amerika tersebut.

Komponen Branding

Komponen Branding

Begitu pula saat Anda mendengar kata Excelso, kemungkinan yang terlintas pertama kali di benak Anda adalah kedai kopi yang nyaman dan kopi dengan kualitas top. Hal ini pun yang menunjukkan branding atau pencitraan merek yang baik. Bisnis yang punya kesan bagus ini, sangat berpengalaman dalam hal melakukan pencitraan atau branding.

Contoh-contoh di atas merupakan contoh brand secara global. Anda pun bisa melihat bisnis-bisnis lokal terkenal di wilayah Anda yang bisa melakukan branding dengan bagus. Pencitraan merek atau komponen branding yang unik sangat penting untuk bisnis Anda. Hal ini yang mampu membedakan antara bisnis Anda dengan pesaing. Merek pun sangat penting untuk membuat pelanggan selalu ingat ketika mereka pergi sesudah menikmati layanan di bisnis Anda.

Hal ini pun yang mempengaruhi pengalaman mereka sebelum, selama, dan sesudah kunjungan. Website, pelayanan, pembaruan sosial media, email, dan desain bisnis semuanya harus punya pencitraan merek yang konsisten.

Berikutnya bagaimana mengelola branding dan cara Anda tahu bila bisnis memerlukan perombakan merek (brand)? Mari kita bicara tentang lima komponen branding yang harus ada pada bisnis Anda:

a) Nama bisnis

Komponen branding yang pertama adalah nama bisnis. Proses branding sebuah bisnis biasanya diawali dengan memilih nama untuk bisnis Anda. Pikirkan mengenai nama yang tepat untuk bisnis Anda. Contohnya sesuai dengan jenis bisnis Anda. Apabila Anda bisnis online yang menjual bukan produk sendiri (dagang), maka nama toko online harus dipilih dengan baik. Jika Anda tertarik dengan apa yang dipikirkan pelanggan saat melihat nama bisnis, tanyakan saja kepada mereka. Baik tanya secara langsung ataupun tak langsung lewat media sosial atau email.

b) Logo bisnis

Logo merupakan tanda yang mudah diingat yang bisa dikenali oleh pelanggan. Baik itu pada materi yang Anda kirimkan lewat iklan digital ataupun konvensional. Ada banyak hal yang harus diperhatikan saat membuat logo yakni :

  • font,
  • warna, dan
  • bagaimana logo merefleksikan kepribadian bisnis yang Anda layani.

Misalnya komponen branding untuk logo McDonalds menggunakan kuning dan merah. Di mana secara psikologi mencerminkan kebahagiaan, kegembiraan dan warna merah yang mampu membangkitkan nafsu makan.

Untuk mencurahkan semua inspirasi dan nilai-nilai dari bisnis, Anda bisa membentuk kerjasama dengan mitra atau jasa pembuat desain logo. Hal ini dilakukan untuk memperbaiki brand bisnis Anda. Salah satunya yang bisa dijadikan mitra yaitu Limas Media

c) Website bisnis

Berdasarkan statistik 86% calon konsumen selalu atau sering memeriksa produk apa saja yang disajikan secara online sebelum mereka membeli produk Anda. Sementara itu sekarang ini makin banyak pemilik bisnis yang tak hanya punya website. Tapi juga telah memanfaatkan Instagram sebagai media sosial interaktif untuk bisnis mereka.

Penting juga untuk memiliki sebuah website yang baik untuk menampilkan informasi tentang bisnis Anda mulai dari

  • info produk,
  • diskon,
  • lokasi,
  • riwayat,
  • informasi kontak,
  • daftar email pendaftaran,
  • blog, dan
  • link ke artikel.

Lalu Anda dapat mencantumkan link ke profil sosial media Anda seperti Facebook, Twitter, dan Instagram di website. Anda bisa mengecek website bisnis yang bagus seperti Warunk Upnormal, bisnis Miramar, bisnis Sederhana dan bisnis Bale Raos. Dan partner terbaik untuk pembuatan website dari Limas Media.

d) Konten Bermanfaat

Sebagai bisnis, konten yang akan Anda persiapkan bisa berupa apa saja termasuk update sosial media, posting blog, iklan video, email promo, dll. Yang terpenting dari perspektif komponen branding (merek) ini adalah bagaimana tetap bisa konsisten dalam membuat konten yang relevan bagi pelanggan.

Menurut penelitian 62% generasi milenial menyatakan bahwa konten online dan berkualitas bikin mereka merasa lebih terhubung dan dekat dengan suatu brand. Untuk itu temukan dulu calon pelanggan potensial (audience) Anda. Lalu kirimkan pembaruan konten yang dapat menyenangkan pelanggan Anda lewat saluran sosial media yang kemungkinan besar mereka pakai sehari-hari.

Misalnya Anda dapat memberikan kalimat ucapan selamat datang kepada pelanggan baru (subscriber) ke daftar email mereka. Dengan percakapan Halo sahabat baru! Dan bisa dilanjutkan dengan kalimat “Anda akan kami berikan informasi, tips menarik sampai promo-promo menarik, langsung ke email Anda”.

Fokus memberikan konten terbaik untuk pelanggan dan calon pelanggan sebagai representatif dari bisnis Anda. Mulai dari bahasa yang Anda pakai, informasi bermanfaat sampai bisa memberi giveaway yang dapat dimanfaatkan. Hal ini untuk mendatangkan pengikut (followers) baru di akun media sosial Anda.

Sekian informasi terkait dengan komponen branding yang sangat penting untuk bisnis, semoga postingan kali ini berguna buat Anda. Tolong postingan digital branding ini dishare supaya semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi: Menjadi Pebisnis Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bisnis Bimbingan Belajar

Membuka Bisnis Bimbingan Belajar dengan Strategi Cerdas

Di postingan ini kami akan jelaskan terkait dengan . Bisnis bimbingan belajar (bimbel) ini sudah ...