Breaking
Home » Panduan IM » Memahami Seo Marketing untuk Mengoptimalkan Bisnis Online

Memahami Seo Marketing untuk Mengoptimalkan Bisnis Online

Search Engine Optimization atau SEO Marketing menjadi komponen penting lainnya dari strategi pemasaran bisnis Anda. Tahukah Anda bahwa bila bisnis punya website maka akan dijelajahi oleh Google Spider. Hal ini akan membuat benang di antara beberapa halaman website Anda. Dan nantinya akan menentukan di mana posisi sebuah website berada di halaman hasil pencarian atau SERPs (Search Engine Result Pages).

SEO Marketing

SEO Marketing

Google Spider akan terus berpatroli di website Anda. Lalu secara otomatis akan membandingkannya dengan website orang lain. Kemudian memutuskan apakah konten Anda cukup relevan untuk ditampilkan di bagian atas hasil pencarian Google atau sebaliknya. SEO marketing bukanlah sebuah taktik / strategi pemasaran yang cuma ditentukan dan lalu dilupakan. Namun ini memerlukan perbaikan terus menerus atau keberlanjutan dalam website Anda.

Walaupun terus menerus bikin perubahan pada algoritmanya, Google akan selalu menyukai konten segar yang sebenarnya atau asli. Saat mengoptimalkan website Anda untuk mesin pencari, pertimbangkan beberapa faktor SEO marketing berikut ini:

a) Riset Kata Kunci dan Membangun Link (Link Building)

Salah satu cara untuk meningkatkan peringkat website Anda pada mesin pencari yaitu dengan mengoptimalkan kata kunci tertentu sesuai dengan konten. Sebagai sebuah bisnis, kata kunci (keyword) yang paling penting adalah nama bisnis Anda.

Kata kunci yang relevan dengan produk Anda. Meta (meta title) judul dan deskripsi meta Anda, harus menyertakan kata kunci yang dibutuhkan. Agar bisnis Anda bisa ditampilkan di halaman Google.

Cara lain untuk mengoptimalkan website Anda untuk mesin pencari (khususnya Google) dengan SEO marketing adalah backlink. Dengan mendapatkan otoritas tinggi dari web yang sesuai dengan kata kunci Anda dan banyak dikunjungi orang untuk menautkan ke web Anda. Hal ini, artinya Anda mesti menyiapkan profil di jejaring sosial. Begitu pula di akun review bisnis seperti :

  • TripAdvisor,
  • Qraved,
  • Zomato,
  • dlsbnya.

Di samping itu Anda pun dapat menghubungi dan bekerja sama dengan pihak kedua untuk menulis mengenai bisnis Anda. Pihak kedua ini seperti endorsement, blogger, jurnalis, pengulas bisnis, dll. Mulai dari pelayanan, rasa makanan hingga pengalaman pelanggan. Ini efeknya sangat luar biasa dan telah banyak buktinya.

Ketika mereka menulis mengenai bisnis Anda, mintalah mereka untuk menautkan ke website Anda di artikel tersebut. Dengan semakin tinggi otoritas link tersebut maka akan makin baik juga untuk SEO marketing bisnis Anda.

b) SEO Lokal

SEO lokal sangat penting bagi bisnis yang mau fokus buat menarik masyarakat setempat. Gunakan kata kunci lingkungan, negara, dan kota di website Anda. Hal ini untuk menarik pengunjung yang mencari kata kunci yang memang Anda target.

Pemasaran offline

Ikut terlibat dalam festival makanan lokal atau jadi sponsor suatu aktivitas yaitu cara yang bagus untuk memperoleh pelanggan potensial. Sekaligus pengenalan brand atau merek dari bisnis untuk bisa mendorong lebih banyak orang lokal untuk mencari bisnis Anda. Baik secara online maupun offline.

Selain itu penerapan SEO marketing khusus lokal juga bisa dengan menampilkan peta Google di website Anda. Baik di halaman kontak atau bisa juga di bagian bawah halaman utama Anda. hal tersebut untuk mengarahkan pengunjung langsung ke lokasi Anda.

c) Google Bisnis (Google Places / Google+)

Teknik SEO marketing salah satunya menggunakan aplikasi dari google. Tiap bisnis sudah seharusnya mendaftar ke Google My Business (GMB). GMB akan membantu Google mengenali website Anda sebagai pemilik resmi bisnis. Google My Business adalah cara bagaimana mendaftarkan atau menempatkan bisnis Anda di Google Maps dan terhubung dengan Google+.

Hal tersebut untuk meningkatkan legitimasi bisnis Anda dalam setiap hasil penelusuran di Google. Di mana hasilnya akan ditampilkan langsung di sisi sebelah kanan halaman hasil pencarian. Mendaftar di Google My Business mudah dilakukan. Anda hanya memerlukan beberapa waktu saja sekitar kurang dari 10 menit. Sesudah bisnis Anda sukses diverifikasi, Google akan memberikan info yang dibutuhkan tentang bisnis Anda, seperti :

  • alamat,
  • telepon,
  • menu,
  • jam,
  • ulasan dari konsumen tiap kali mereka mencari nama bisnis Anda,
  • dll.

Mungkin Anda akan berpikir, hal tersebut tak memberikan lalu lintas ke website. Hal yang paling penting bagi sebuah bisnis bukan saja sebatas seberapa banyak viewers atau pengunjung di website. Tetapi juga seberapa banyak pelanggan di bisnis Anda.

Pengunjung website banyak tapi berbanding terbalik dengan banyaknya pelanggan yang datang ke bisnis, juga tak efektif. Bila bisa seimbang di antara keduanya, tentu akan sangat baik untuk bisnis Anda.

Perlu digaris bawahi, bahwa sangat penting untuk membuat pengalaman pelanggan seefisien mungkin, termasuk pengalaman online mereka. Bahkan sebelum mereka mengunjungi bisnis Anda.

d) Periklanan di Mesin Pencari (Google Adwords)

Kelebihan beriklan di mesin pencari seperti google ads adalah lebih cepat dalam hal mendatangkan trafik ke website Anda daripada SEO. SEO marketing membutuhkan waktu agar web Anda berada posisi atas sehingga lebih mudah ditemukan oleh calon pembeli. Sedangkan beriklan di google ads hanya memerlukan anggaran biaya.

Membayar iklan di mesin pencari pun bisa jadi penggerak untuk menarik pelanggan kembali. Dengan memakai jasa iklan di mesin pencari, maka akan menjamin bahwa website Anda akan berada di puncak hasil pencarian tertentu. Dengan tanda berupa tombol kecil “Iklan”.

Anda pun bisa mengikuti pelanggan yang mencari hal-hal tertentu dengan iklan banner di website yang menerima iklan Google. Pemasangan iklan di mobile begitu penting karena 81% pelanggan mencari sebuah produk di perangkat mobile.

Selanjutnya, 75% pelanggan mengatakan bahwa mereka sering memilih produk untuk dibeli berdasarkan hasil pencarian tersebut. Oleh karena itu pastikan website Anda tetap ada di peringkat awal (pertama) saat mereka mencari di seluler. Selain itu hal tersebut juga bisa meningkatkan lalu lintas ke website bisnis Anda.

Untuk mendukung pemasangan iklan di mesin pencari Anda dapat memakai Google Ads. Maka sebelumnya pastikan lebih dulu, website bisnis Anda mobile-friendly untuk diakses via perangkat seluler.

e) Praktik dan Teknik Terbaik SEO

Gunakan kata kunci lokal (area) yang relevan dengan website Anda.

Dalam SEO marketing kata-kata apa yang menggambarkan bisnis Anda. Misalnya :

  • Makanan khas Manado yang unik,
  • Cafe Italia terbaik di Jakarta,
  • dlsbnya.

Lakukan brainstorming atau riset kata kunci mana yang punya pencarian dengan volume tinggi.

Anda bisa menggunakan Google Keyword Planner untuk melakukan riset kata kunci populer yang sesuai dengan bisnis Anda. Kemudian, tempatkan kata kunci ini di meta judul (title), meta deskripsi (description) dan seluruh konten di website Anda, tanpa mengesampingkan tingkat kemudahan membaca konten (readability).

Daftar ke Google My Business dan dapatkan otoritas tinggi yang ditautkan langsung ke website Anda.

Mendaftar ke Google My Business (GMB) sangat penting. Karena dengan mendaftarkan ke GMB maka bisnis Anda akan ditampilkan di Google Maps. Sebab yang terpenting yaitu pengunjung bisa menemukan petunjuk mengenai bisnis Anda dengan mudah.

Selain itu juga, Anda perlu riset website apa jasa yang relevan dengan bisnis, dan memiliki otoritas konten tinggi. Seperti website surat kabar lokal, media lokal dan tanyakan apakah mereka menyediakan kolom khusus yang sekiranya dapat menampilkan profil bisnis Anda.

f) Sumber Referensi Favorit untuk SEO

Riset Kata Kunci untuk SEO Marketing

  • Google Keyword Planner
  • Buzzsumo

Registrasi Website Anda

  • Google My Business

Iklan dan Tes Mobile Friendly untuk Website Anda

  • Google Adwords
  • Mobile-Friendly Test

Demikian info perihal memahami seo marketing untuk mengoptimalkan bisnis online, semoga post kali ini membantu Anda. Kami berharap post digital branding ini diviralkan supaya semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi: Menjadi Pebisnis Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bisnis Bimbingan Belajar

Membuka Bisnis Bimbingan Belajar dengan Strategi Cerdas

Di postingan ini kami akan jelaskan terkait dengan . Bisnis bimbingan belajar (bimbel) ini sudah ...