Breaking
Home » Branding » The Power of Branding » Membangun Mindset Bisnis yang Benar

Membangun Mindset Bisnis yang Benar

Untuk membentuk mindset bisnis yang tangguh dalam dunia usaha, maka Anda bisa berkaca dari orang terkaya di dunia. Berikut ini ada cerita yang tidak kalah menarik dari Bill Gates, bapak pendiri microsoft. Yang juga beberapa kali sempat menyandang predikat sebagai “orang terkaya di dunia”.

Mindset Bisnis

Mindset Pengusaha

Jangan terjebak mencontoh secara gamblang bagaimana cara Bill Gates berproses sebagai salah satu orang terkaya di dunia. Banyak fakta yang berbicara bahwa orang-orang yang mencoba meniru sosok Bill mulai dari mindset bisnis dan lainnya ternyata gagal total. Masalahnya mereka hanya terpaku pada satu sosok saja. Padahal di luar sana masih banyak sekali motivasi yang bisa Anda peroleh.

Lalu apa yang perlu Anda lakukan? Simak penjelasan berikut.

a) Profil Panutan

Jadikan profil orang-orang kaya dunia hanya sebatas panutan saja. Anda bisa memulainya dari membaca perjalanan hidupnya dan membayangkan jika Anda berada di posisinya.

b) Perluas Pergaulan

Bangun dan buka peluang pergaulan dengan orang-orang yang memiliki pandangan tentang bisnis yang sama. Tetapi bukan berarti Anda harus memilah-milih teman. Hal ini dimaksudkan supaya Anda bisa fokus dalam mencapai impian kesuksesan di masa mendatang. Artinya Anda membutuhkan panutan yang bisa mengatakan bahwa masa depan ada di tangan Anda sendiri, bukan orang lain.

c) Raih Impian

Impian memang terdengar klise di andas kesuksesan karir. Setiap orang tentu punya mimpi yang berbeda. Impian Anda dan salah satu orang terkaya di dunia tentu punya perbedaan. Tetapi Einstein pernah berkata bahwa kesuksesan seseorang mencakup 99% impian dan 1% kerja keras. Apakah Anda percaya itu?

d) Berdoa

Setelah mimpi, yang Anda butuhkan adalah berdoa. Anda memang bisa mengusahakan 150% kerja keras bertahun-tahun untuk mengapai impian. Tetapi anda bisa jadi telah tersesat. Doa merupakan pemberi arah yang tepat untuk membimbing Anda ke jenjang kesuksesan yang lebih baik. Selain itu kesuksesan tersebut dicapai dengan cara positif.

e) Bersedekah

Ada pepatah lama yang mengatakan makin rajin seseorang bersedekah, semakin bertambah rezekinya. Bersedekah merupakan salah satu cara untuk menghindari timbulnya pikiran-pikiran negatif. Orang yang kaya akan selalu berbagi kebahagiaannya dengan orang lain yang memerlukannya. Maka saat kaya mereka tak akan jadi kikir atau pelit.

Hal tersebut sudah dibuktikan oleh Warren Buffet, salah satu orang terkaya di dunia. Buffet menyumbangkan dana sekitar $30 milyar pada yayasan milik Bill Gates. Beberapa orang menilai tindakan tersebut sebagai usaha membuang-buang uang tanpa makna besar. Padahal, sedekahnya tersebut bisa bikin kekayaannya bertambah sebanyak 2 kali lipat.

Membangun Mindset Bisnis

Bagaimana pola pikir orang kaya saat membangun bisnis? Untuk mengetahui lebih jauh mengenai mindset bisnis, maka pahami beberapa hal di bawah ini.

a. Mencerminkan sikap dan mindset pengusaha

Jadi orang kaya bukanlah hal yang instan. Diperlukan proses panjang untuk mewujudkannya. Selain itu, tiap orang juga harus punya sikap dan cara berpikir yang tepat saat akan atau sudah mewujudkan impiannya tersebut. Tak dapat ditampik bahwa cerminan ini bisa Anda lihat dari sikap dan mindset bisnis para pengusaha. Baik pengusaha di tingkat lokal ataupun internasional.

b. Tersenyumlah seperti orang-orang kaya

Perhatikanlah para pengusaha / pebisnis sukses saat sedang berbicara. Anda akan menemukan senyum yang penuh kharismatik di wajah mereka. Senyuman menawan itu hadir dari pikiran positif. Pada akhirnya pikiran positif mampu menghasilkan ekspresi wajah menawan. Dengan senyuman, orang-orang akan menilai Anda adalah orang yang terbuka dan sopan.

Orang kaya dikenal juga sebagai seorang pendengar yang baik. Artinya mereka tidak akan menghalangi lawan bicaranya untuk berbicara berbagai hal padanya. Makin akrab dan terbukanya seseorang, maka semakin besar rasa hormat yang akan didapatkannya.

c. Etika berpakaian

Selain mindset bisnis, perhatikan juga etika berpakaian para orang kaya. Memang sulit untuk dipungkiri, di mana sebagian besar dari mereka akan tampak selalu rapi dengan pakaian yang sopan. Memang sebagian kecil pengusaha akan tampak cuek dengan penampilannya. Namun nilainya di mata orang lain bisa jadi tidak begitu baik. Anda tidak perlu khawatir dengan merk pakaian apa yang biasa mereka pakai.

Sebab bila dipaksakan untuk membeli pakaian sama persis seperti yang mereka pakai, bisa-bisa dompet Anda sudah terkuras sebelum akhir bulan. Etika berpakaian para pengusaha adalah rapi dan sopan. Itu lebih dari cukup. Karena pada dasarnya pakaian adalah cermin pribadi seseorang. Oleh sebab itu, Anda bukan berpakaian untuk diri sendiri saja, namun juga untuk orang lain.

d. Menjalin relasi

Semua orang pasti sepakat bahwa relasi berperan penting dalam liku kehidupan perusahaan. Dan mempunyai relasi luas dan kuat dengan para pengusaha merupakan salah satu kunci penting untuk meraih kesuksesan. Anda tidak perlu khawatir akan kehabisan stok pengusaha.

Mereka akan terus berkembangbiak dan menyebar dimanapun kesempatan berada. Anda bisa menemui mereka di organisasi-organisasi keprofesian, seminar-seminar, dan berbagai ajang lainnya. Namun Anda tetap harus berhati-hati. Banyak juga orang yang mengaku pengusaha namun kenyataannya mereka berusaha menipu Anda.

e. Membaca adalah gerbang dunia

Buku sudah tak jadi media satu-satunya sebagai gerbang dunia. Malah peran utamanya sudah digeser oleh teknologi informasi yang ada di media internet. Pengusaha yang baik yaitu mereka yang selalu haus akan pengetahuan di semua bidang, khususnya dunia bisnis.

Sedangkan buku dan internet merupakan media untuk memperoleh pengetahuan yang mereka perlukan. Dan untuk saat ini, gerbang utamanya yaitu dengan cara membaca. Semakin banyak Anda membaca semakin banyak ilmu dan pengetahui yang dapat dimanfaatkan. Tetapi ingat, membaca saja tak cukup. Anda perlu memahaminya secara mendalam.

f. Manfaatkan pinjaman bank

Banyak pengusahan yang punya mindset bisnis untuk tidak memakai modal sendiri, melainkan dengan uang orang lain. Tidak ada yang salah dengan hal tersebut. Sebagai solusi, bank bisa membantu bisnis Anda dan mewujudkan impian jadi pengusaha sukses.

g. Memiliki tokoh panutan

Tiap pengusaha selalu punya tokoh panutan mereka sendiri. Tiap tokoh panutan tersebut dipercaya bisa menyalurkan energi positif pada mereka meskipun tokoh tersebut sama sekali tidak kenal pada mereka. Dengan hadirnya tokoh panutan ini, Anda akan tergerak buat mengikuti jejaknya di dunia bisnis mulai dari :

  • bagaimana gaya,
  • mindset bisnis,
  • cara bekerja,
  • prosesnya menghadapi permasalahan bisnis yang pelik,
  • dll.
h. Menempa mental

Mental akan tertempa saat Anda memiliki mindset bisnis yang benar. Cara untuk menempa mental bisa lihat di sini.

Sekian informasi mengenai membangun mindset bisnis yang benar, semoga postingan ini mencerahkan teman-teman semua. Kami berharap postingan mindset pengusaha ini dibagikan biar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi: Memulai Branding Jadi Pengusaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

SEO Marketing

Memahami Seo Marketing untuk Mengoptimalkan Bisnis Online

lainnya dari strategi pemasaran bisnis Anda. Tahukah Anda bahwa bila bisnis punya website maka akan ...