Breaking
Home » Mindset Bisnis » Memiliki Passion yang Kuat dapat Meningkatkan Mindset Entrepreneur

Memiliki Passion yang Kuat dapat Meningkatkan Mindset Entrepreneur

Topik kita kali ini ialah memiliki passion yang kuat dapat meningkatkan mindset entrepreneur. Passion merupakan sebuah kata yang sering kita baca atau dengar saat membahas soal kewirausahaan (entrepreneurship). Menurut Steve Jobs, “Orang-orang dengan passion bisa mengubah dunia jadi lebih baik”.

Memiliki Passion yang Kuat

Memiliki Passion yang Kuat

Demikian pula Anthony Robbins pernah mengatakan, tak ada kebesaran tanpa gairah untuk jadi besar, apakah itu aspirasi :

  • atlet
  • seniman,
  • ilmuwan,
  • orang tua,
  • pebisnis,
  • dll.

Ophrah Winfrey pun menyatakan hal serupa, yaitu passion atau gairah ialah energi. Rasakan saja kekuatan yang berasal dari fokus akan berbagai hal yang menarik minat kita.

Arti kata passion itu sendiri yaitu gairah dan/atau semangat yang menggebu-gebu untuk mencapai tujuan dan sebuah keinginan yang besar. Namun dalam definisi passion itu pun terkandung makna penderitaan. Artinya, passion bikin kita siap menderita untuk melakukannya. Jika tidak ada gairah, kita akan melakukannya dengan setengah-setengah.

Anda pasti pernah merasakan betapa tak enaknya jika bekerja tanpa gairah. Anda akan memerlukan tenaga yang sangat besar untuk melakukannya sehingga cepat merasa lelah. Lantas, bagaimana menumbuhkan passion yang kuat? Apakah passion dapat kita atur? Atau hal ini adalah sebuah proses biokimiawi dalam diri kita yang membuatnya kemudian berubah.

Penelitian mengenai Passion

Penelitian mengenai passion yang kuat telah dilakukan. Passion merupakan sebuah dorongan cinta yang menumbuhkan sebuah kegairahan. Sebuah cinta yang sungguh-sungguh akan sesuatu. Pikiran dan emosi kita barangkali tak mudah terlihat dan tak berwujud. Namun, kondisi internal, bisa disimpulkan dengan memantau aliran darah di berbagai bagian otak. Untuk memantaunya dengan menggunakan teknik pencitraan yang canggih. Kondisi internal, misalnya perasaan cinta.

Ilmuwan syaraf Lucy Brown menjalankan percobaan dengan sampel 17 mahasiswa yang sedang dilanda asmara untuk pertama kali. Mereka mengikuti pemindaian otak dan diminta guna melihat gambar orang yang mereka cintai. Gambar itu akan serta merta merangsang aktivitas listrik yang meningkat di 2 bagian utama otak yang disebut :

  • caudate nucleus dan
  • ventral tegmental area.

Brown mencatat bahwa pada bagian otak itu pun menyala ketika mengalami euforia dan juga mendorong ketagihan. Campuran antara rasa euforia dan rindu serupa dirasakan juga oleh orang yang pernah jatuh cinta. Bukan hanya euforia. Anda bisa cemas dan bisa juga sedikit marah. Namun intinya, hal ini adalah motivasi terhadap orang lain. Sasarannya yaitu orang lain, sebab memberi imbalan sangat besar.

Helen Fisher, antropolog dari Universitas Rutgers yang bekerjasama dengan Profesor Brown melakukan sebuah penelitian pemindai otak dan cinta. Dalam penelitian ini menyatakan bahwa dopamine adalah sebuah neurotransmiter yang membantu mengontrol pusat kepuasan dan kesenangan di otak. Dari pusat otak lalu menyebar ke bagian otak lain yang memiliki fungsi masing-masing.

Fisher menjelaskan bahwa serbuan dopamin ini sering mengakibatkan fokus yang lebih kuat pada sang kekasih. Hal itu pada gilirannya, bisa bikin emosi naik turun. Di mana itu adalah salah satu ciri umum cinta romantis.

Kaitan Passion dan Entrepreneurship

Penelitian itu memang berkaitan dengan rasa cinta. Tapi passion yang kuat dalam kewirausahaan (entrepreneurship) meski tak sama persis, bisa jadi sangat berkaitan dengan pikiran manusia. Fisher mengatakan ada kegembiraan kuat saat semuanya berjalan lancar. Namun suasana hati berubah jadi putus asa yang mengerikan saat segala sesuatu berjalan buruk.

Kita punya energi yang luar biasa. Kita bisa berjalan sepanjang malam dan ngobrol hingga fajar. Ada semua jenis respon fisiologis seperti

  • gugup,
  • mulut kering saat berbicara dengan orang itu di telepon,
  • perasaan punya yang kuat,
  • dll.

Ya, itulah yang terjadi jika kita memiliki passion yang kuat terhadap sesuatu. Jika passion sudah ketemu, kita akan memiliki energi yang sangat besar dan sanggup berjam-jam untuk membahas serta memikirkan bisnis kita. Namun pertanyaannya kembali yaitu mengapa ada orang yang tak segera memulai berbisnis?

Demikian info berkaitan dengan memiliki passion yang kuat dapat meningkatkan mindset entrepreneur, semoga post kali ini membantu kalian. Tolong post mindset seorang entrepreneur ini disebarluaskan supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi: Startup Menjadi Pebisnis Sukses

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Produk Synergy WorldWide

Produk Synergy Worldwide yang Sudah Terbukti Khasiatnya

Synergy WorldWide (SW) didedikasikan untuk menyediakan berbagai produk dengan kualitas terbaik untuk meningkatkan kualitas hidup ...