Breaking
Home » Mindset Bisnis » Pentingnya Fokus Saat Ingin Menjadi Entrepreneur

Pentingnya Fokus Saat Ingin Menjadi Entrepreneur

Topik kita kali ini yakni pentingnya fokus saat ingin menjadi entrepreneur. Ada beberapa konsep yang sering kita campur adukkan. Sehingga saat mencoba untuk menemukan passion, kita bisa keliru dalam menyikapinya. Oprah Winfrey pernah mengungkapkan bahwa passion ialah energi dan kita perlu merasakan kekuatannya. Di mana kekuatannya ini berasal dari fokus akan hal-hal yang menarik minat kita.

Pentingnya Fokus

Pentingnya Fokus

Jadi, passion itu berbeda dengan minat. Kita harus lebih dulu tahu apa yang jadi minat kita. Ini sebetulnya bisa gampang-gampang susah untuk ditemukan. Karena dalam kehidupan sehari-hari yang mengharuskan kita bekerja untuk mencari nafkah. Waktu yang kita punyai tersedot habis dan jadi sebuah kebiasaan hidup yang susah diubah. Sangat banyak orang bekerja tak pada bidang yang dia minati.

Dengan ada waktu luang yang dapat diperolehnya di akhir minggu atau hari libur. Biasanya orang lalu melakukan apa yang jadi kesukaannya. Inilah yang lalu disebut dengan hobby. Namun hobby mungkin bukan minat yang sesungguhnya dari kehidupan kita. Minat ini bukan hanya sekedar hobby.

Perbedaan utamanya yaitu hobby merupakan kegiatan yang biasanya kita lakukan secara teratur di waktu luang. Tapi minat itu lebih luas sebab punya pengetahuan, pengalaman dan juga keahlian. Anda bisa punya hobby berenang, tapi untuk jadi seorang atlit renang, Anda tak cukup hanya sekedar hobby. Anda memerlukan minat yang tinggi. Kira-kira inilah yang membedakan hoby dan minat.

Kembali pada ucapan Oprah Winfrey, jangan lupakan ada sebuah kata kunci yang mesti kita perhatikan yakni focus. Fokuslah pada hal yang memang menarik minat kita. Itulah pentingnya fokus. Banyak di antara kita memang tak fokus pada bidang yang diminati. Fokus menunjukkan adanya sebuah aktivitas yang aktif untuk konsentrasi dan konsisten. Untuk itu, Anda harus memiliki tujuan yang jelas dan niat yang sungguh-sungguh serta tak mudah berubah pikiran.

Kekuatan Fokus

Kita sudah tahu kekuatan dan pentingnya fokus dalam menjalankan minat dan hobby. Leo Babauta, seorang penulis buku The Power of Less, menyatakan :

“Instead of focusing on how much you can accomplish, focus on how much you can absolutely love what you’re doing”.

Alih-alih berfokus pada seberapa banyak yang bisa dicapai, fokuslah pada seberapa banyak Anda benar-benar bisa mencintai apa yang dikerjakan. Itulah pentingnya fokus dalam meraih cita-cita jadi entrepreneur.

Fokus dalam membuat prioritas. Ini pun persoalan bagaimana supaya tak tergoda untuk melakukan hal-hal yang mungkin lebih menyenangkan. Namun sebetulnya bukan jadi tujuan utama kita. Harus diakui, untuk ujian fokus ini, banyak orang gagal menjalankannya.

Apa yang dikemukakan oleh Oprah Winfrey dan Leo Babauta sebetulnya tak jauh berbeda. Fokuslah pada hal yang memang Anda minati atau cintai. Namun, bagaimana jika seandainya saat ini kita tak mengerjakan apa yang diminati? Seperti kita ketahui, ada banyak orang mengerjakan sebuah pekerjaan karena memang yang tersedia ialah pekerjaan itu. Sebagian besar itulah yang memang terjadi.

Mario Teguh pun pernah mengatakan bahwa banyak sekali orang yang bekerja di bidang yang sangat berbeda dari saat sekolah / kuliah dahulu. Belum lagi mesti diakui, ada banyak mahasiswa yang masuk ke jurusan tertentu cuma karena ikut-ikutan atau atas saran orang lain. Khususnya orang tua, melihat prospek pekerjaan yang ada. Padahal, belum tentu itu minatnya yang sebenarnya. Jika situasinya sudah bukan jadi minatnya, bagaimana dia dapat fokus?

Sekian informasi perihal pentingnya fokus saat ingin menjadi entrepreneur, semoga artikel ini berguna buat kalian. Mohon artikel mindset seorang entrepreneur ini dibagikan agar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi: Startup Menjadi Pebisnis Sukses

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kerajinan Keramik

Manajemen Produksi Kerajinan Keramik Lengkap

Di artikel sebelumnya kami sudah membahas mengenai peluang bisnis keramik beserta cara permodalannya. Kali ini ...